Sport Tourism Cara Tepat Pulihkan Ekonomi Pascapandemi
Foto : Turnamen golf yang diinisiasi KADIN Indonesia (NOC Indonesia)

Batam, HanTer - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) memuji penyelenggaraan International Batam Golf Championship Series #2 2021, 18-19 Desember. Turnamen golf yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Batam dinilai tak sekadar mampu membangkitkan gairah masyarakat berolahraga, tetapi juga dapat memulihkan ekonomi pascapandemi.

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono mengatakan International Batam Golf Championship Series #2 2021 menjadi bukti sport tourism dapat menggerakkan roda ekonomi lokal. Terutama dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“International Batam Golf Championship 2021 menjadi contoh bahwa olahraga tak sekadar menyehatkan tubuh. Jika dikemas menjadi sport tourism, event olahraga dapat menumbuhkan ekonomi, dan itu bisa menjadi salah satu cara untuk memulihkan roda perekonomian setelah pandemi,” kata Ferry, Minggu (19/12).

International Batam Golf Championship Series #2 2021 diikuti 300 pegolf di Indonesia. Turnamen yang juga mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) diadakan di dua padang golf tersertifikasi CHSE di kota Batam, yaitu di Southlinks Country Club Batam dan Padang Golf Sukajadi Batam.

Meski diadakan dalam situasi Covid-19, panitia penyelenggara dinilai telah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik. Peserta harus dalam keadaan sehat, tidak demam dan memiliki gejala flu serta menunjukkan hasil PCR Antigen negatif kepada panitia.

“Panitia sangat well prepared. Saya menilai International Batam Golf Championship Series dapat menjadi rujukan bagi panitia penyelenggara event serupa dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi,” kata Ferry.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Jadi Rajagukguk tak menyangka antusiasme masyarakat mengikuti International Batam Golf Championship Series tahun ini sangat tinggi. Apalagi, mayoritas peserta justru berasal dari luar kota Batam.

“Peserta 80 persen berasal dari luar kota Batam. Ada dari Aceh, Medan, Jakarta, Surabaya, dan kota lainnya. Bahkan sampai pendaftaran ditutup, masih banyak yang ingin mendaftar dan kehadiran mereka tentu selaras dengan misi kami, membuat Pariwisata Tangguh Ekonomi Tumbuh di Batam,” ujar Jadi.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Komite Eksekutif NOC Indonesia dan Ketua KADIN Batam ini berharap, tahun depan ajang ini bisa diikuti peserta dari luar negeri. “Semoga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir, dan ajang sport tourism seperti ini dapat menjadikan Batam lebih cepat pulih serta membuat lapangan-lapangan golf bersertifikasi CHSE semakin banyak diminati masyarakat dari luar kota Batam,” kata Jadi.

International Batam Golf Championship Series 2021 didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga ini dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. (KOI)