Shin Legowo Uji Coba Lawan Bangladesh Batal
Foto : Shin Tae-yong (Dok.PSSI)

Jakarta, HanTer - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku ikhlas alias menerima dengan lapang dada terkait batalnya salah satu agenda uji coba di tahun ini, terutama wacana menghadapi Bangladesh yang semula diagendakan digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pada 24 dan 27 Januari 2022.

PSSI pun selaku federasi segera menyiapkan calon lawan pengganti. Saat ini sedang dijajaki dengan negara lain. Terkait perubahan lawan tandingan itu, pelatih Shin Tae-yong sudah menyetujuinya. "Alasan tidak jadi bertanding melawan Bangladesh dapat diterima dan masuk akal,’’ ujar Shin Tae-yong, Kamis (13/1/2022).

Sebagaimana diketahui, Bangladesh batal melakukan laga persahabatan melawan timnas Indonesia pada 24 dan 27 Januari mendatang. Vaksinasi menjadi alasan utama mereka.

Saat ini sebanyak 10 pemain Bangladesh belum mendapatkan vaksin kedua. Ketersediaan vaksin di negara itu juga menjadi persoalan. Sebab Bangladesh lebih memprioritaskan warga yang telah berusia 25 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksin.

Pelatih Bangladesh sebenarnya sudah berusaha untuk mendapatkan fasilitas vaksin kepada pemerintah setempat. Akan tetapi, sampai hari ini mereka menyampaikan kepada PSSI keinginan untuk mendapatkan vaksin itu tidak terwujud.

Padahal aturan di Indonesia, setiap warga negara asing yang masuk diharuskan sudah melakukan vaksin dua kali dan karantina selama 7 hari. "Itu sebabnya FIFA matchday melawan Bangladesh batal. Sulit untuk merealisasikannya dengan alasan beberapa pemain mereka yang belum vaksin,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Sempurnakan Kekuatan
Di luar itu, Shin sendiri hanya terus fokus menyempurnakan kekuatan selepas berjuang di Piala AFF 2020. Beragam porsi latihan akan terus dijalankan dalam waktu dekat. Selain itu, juru taktik berpaspor Korea Selatan juga turut melakukan monitoring untuk mencari wajah baru kedalam skuadnya.

Berhubung kompetisi masih terus bergulir, hal itu menjadi peluang emas bagi Shin untuk terus melakukan pantauan, baik melalui layar kaca atau pun datang langsung ke stadion untuk menyaksikan pemain yang telah masuk kedalam radarnya. 

Salah satu yang menjadi sorotan Shin ialah Ronaldo Kwateh. Ketajaman penyerang berdarah Indonesia-Liberia itu berpotensi masuk kedalam skuad Shin, terutama dalam persiapan mengarungi Piala AFF U-23 yang berlangsung di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. 

Kwateh digadangkan menjadi calon striker masa depan Indonesia lantaran baru berusia 17 tahun. Di usia yang masih muda, Kwateh sudah mendapat kontrak profesional dari klub Liga 1 2021-2022, Madura United. Karena itu, tenaga sang bomber bepotensi diandalkan Shin.

Shin Tae-yong mengandalkan tenaga Ronaldo Kwateh di Timnas Indonesia U-23 dan U-18. Di Timnas Indonesia U-23, Ronaldo Kwateh gagal menunjukan performa terbaik saat skuad Garuda Muda dua kali tumbang dari Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 medio Oktober 2021. 

Saat itu, Ronaldo Kwateh hanya mentas dari bangku cadangan karena kalah saing dengan Bagus Kahfi hingga Taufik Hidayat. Namun, ketika dipercaya Shin Tae-yong mentas bersama Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh menggila. 

Ketika Timnas Indonesia U-18 menjalani tiga laga uji coba di Turki medio November 2021, pemain jebolan akademi Persib Bandung ini tampil garang. Dari tiga pertandingan, Ronaldo Kwateh mencetak lima gol.