Madrid ke Final Piala Super Spanyol Usai Menangi El Clasico
Foto : Federico Valverde mengantarkan Real Madrid ke final Piala Super Spanyol (ist)

Riyadh, HanTer - Real Madrid menjaga asa meraih trofi juara pertama mereka musim ini setelah sukses melangkah ke final Piala Super Spanyol. Hal itu didapat ketika klub asuhan Carlo Ancelotti membekuk Barcelona 2-3 pada babak semifinal yang berlangsung di King Fahd Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Kamis (13/1/2022).

Kemenangan itu didapat dengan susah payah ketika kedua kesebelasan harus bermain selama 120 menit. Dimana, dalam waktu normal 2x45 menit, kedua klub bermain imbang 2-2. 

Kans Real Madrid melangkah ke final mulai tercium ketika Vinicius Junior membawa klubnya memimpin 0-1 pada menit ke-25. Namun sebelum turun minum klub asal Catalan menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Luuk de Jong pada menit ke-41.

Di paruh kedua, Los Merengues, julukan Real Madrid kembali bangkit. Adalah Karim Benzema yang membawa klubnya kembali memimpin 1-2 pada menit ke-72. Akan tetapi, Ansu Fati yang masuk menggantikan De Jong berhasil membayar kepercayaan pelatih Xavi Hernandez.

Pemain masa depan Blaugrana, julukan Barcelona, itu menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit ke-83. Skor tersebut bertahan hingga laga bubar. Sama kuat membuat pertandingan berlanjut ke extra time 2x15 menit. Namun tak butuh waktu lama bagi Los Merengues kembali membuat gol.

Kali ini giliran Federico Valverde yang membawa kesebelasannya memimpiun 2-3 saat menjebol gawang Barcelona pada menit ke-98. Dan rupanya itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak extra time. Sehingga, kemenangan yang dibungkus Real Madrid membuat mereka menyegel tiket final Piala Super Spanyol.

Di final, Madrid masih menanti siapa penantangnya untuk meraih trofi juara musim ini. Calon penantang ialah pemenang antara Atletico Madrid atau Athletic Bilbao. Purna laga, Ancelotti pun memuji penampilan seluruh pemainya. Akan tetapi tak bisa dipungkiri juru taktik asal Italia mengaku ada titik lemah di lini pertahanan.

"Berdasarkan babak pertama kami pantas menang. Kami tampil baik, dan kami bermain sesuai dengan rencana kami. Kami bertahan dengan baik dan menyerang lebih baik, terutama di sepertiga akhir. Tapi kami bisa bertahan lebih baik," katanya dikutip Football Espana.