Liverpool vs Arsenal; Optimisme Tinggi Tuan Rumah
Foto : Juergen Klopp (ist)

Liverpool, HanTer- Berstatus sebagai tuan rumah, Liverpool akan memaksimalkan laga untuk meraih kemenangan saat menjamu Arsenal pada leg pertama babak semifinal EFL Carabao Cup alias Piala Liga Inggris di Anfield Stadium, Jumat (14/1/2022) dini hari WIB.

Namun untuk mewujudkan target tersebut butuh kerja keras yang dilakukan Liverpool. Pasalnya mereka tidak akan diperkuat dua pemain kunci yang menjadi mesin gol di lini depan, yakni Sadio Mane dan Mohamed Salah. Keduanya absen lantaran membela negaranya masing-masing di Piala Afrika.

Sebelumnya Liverpool terancam tidak diperkuat delapan pemain kunci. Selain Salah dan Mane yang memperkuat negaranya di Piala Afrika, enam pemain lain dikabarkan positif Covid-19. Akan tetapi setelah melakukan tes PCR, hanya satu yang bakal absen. Ia adalah Trent Alexander Arnold.

Lima sisanya hanya positif  'palsu'. Dengan begitu, Klopp masih bisa menyertakan pemain yang sebelumnya divonis positif palsu. Dilini belakang, posisi Arnold akan digantikan James Milner. Sedangkan peranan Mane dan Salah digantikan Roberto Firmino dan Alex Oxlade Chamberlain.

Ya, selama ini, The Reds, julukan Liverpool selalu mengandalkan Salah dan Mane dalam upaya membobol gawang lawan. Di Liga Inggris 2021/2022, Salah ialah top skor klub dengan torehan 16 gol. Sedangkan Mané sudah melesakkan 8 gol untuk ajang yang sama. 

Tanpa kehadiran mereka, Liverpool punya lubang besar di sektor depan. Namun demikian, klub asal Merseyside itu masih mempunyai Diogo Jota untuk pos yang sama. Jota mengoleksi 10 gol di liga domestik dan sudah 16 kali masuk starting XI The Reds di Premier League 2021/2022. 

Selain itu, juga ada Roberto Firmino yang perannya selama ini tergeser oleh Jota. Tanpa kehadiran Mané dan Salah, tuan rumah diprediksi bakal memaksimalkan peran Jota dan Firmino.

"Bobby (Roberto Firmino) baru kembali latihan dan langsung bermain serta mampu mencetak gol. Banyak kesalahan sebenarnya pada laga itu dan pada akhirnya kami membuat semuanya menjadi baik-baik saja," kata Juergen Klopp selaku juru taktik Liverpool seperti dilansir laman resmi klub.

Di lain sisi, situasi di tubuh Arsenal juga tak jauh berbeda. he Gunners juga ditinggalkan Pierre-Emerick Aubameyang, Mohamed Elneny, Nicolas Pépé, serta Thomas Partey yang sedang bermain di Piala Afrika. Sebagai pengganti, Mikel Arteta masih memiliki stok yang cukup melimpah. Alexandre Lacazette bisa diproyeksikan sebagai penyerang utama.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Jumat, 14 Januari 2022
WAKTU: 02.45 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Anfield Stadium