Road to Undisputed 3 Saul Alvarez vs Caleb Plant, Mike Tyson Dan Oscar DeLa Hoya: Canelo Menang KO/TKO
Foto : Saul Canelo Alvarez vs Caleb Plant

Oleh: M. Nigara
Wartawan Tinju Senior
Komentator tinju tvone

MANTAN juara dunia kelas berat sejati, Mike Tyson dan mantan juara dunia di enam kelas berbeda (super featherweight, lightweight, light welterweight, welterweight, light middleweight, dan middleweight) Oscar DeLa Hoya, yakin bahwa Saul Canelo Alvarez dapat mengalahkan Caleb Plant. Bahkan keduanya menegaskan: "Canelo menang KO atau TKO!" 

"Benar Plant memiliki kualitas teknik yang baik, tapi pengalaman Canelo akan membuat Plant kesulitan," tukas Oscar. "Saya yakin Plant akan dihentikan di antara ronde 9, 100, atau 11!" lanjut pemilik Golden Boy Promotions itu. 

Tyson lebih spesifik lagi. "Caleb itu tidak bagus dan tidak tahan pukul. Saya kira pertarungan tidak akan lebih dari lima ronde!" ujar Tyson. 

Selain dua jagoan itu, sederet para mantan juara dunia dan juara dunia: Andy Ruiz, Carl Frampton, Matthew Hatton, Ryan Garcia, Billy Joe Sanders, dan Eddie Hearn, promotor dari Matchroom, juga meyakini Canelo akan memenangkan pertarungan. 

Meski demikian, menurut para jagoan itu, Canelo akan memperoleh perlawanan ekstra ketat. "Caleb mampu bermain lewat sisi-sisi. Artinya, dia akan menghindari benturan dari depan sebagaimana kebiasaan Canelo, " kata mereka. 

Bahkan Eddie Hearns menyebutkan ada sedikit peluang Plant yang jika tidak disikapi dengan cermat oleh Canelo, akan berbahaya. 

Tunggu Dulu
Berbeda dengan deretan para jagoan di atas, bagi Shawn Porter, mantan juara dunia kelas welter dan Andre Ward juara dunia di dua kelas berbeda, Caleb Plant Lah yang akan menang. 

"Mereka (kubu Canelo) tidak memiliki catatan kehebatan Plant. Dia (Plant) memiliki kekuatan dan kecerdasan di luar pengetahuan mereka!" katanya. "Para pengamat dan penggemar memilih Canelo hanya berdasarkan catatan sejarah. Tapi ini pertarungan tinju bukan pertarungan catatan!" katanya lagi. 

Bagi Shawn Porter, selama ini banyak orang yang mengabaikan kekuatan Plant yang sesungguhnya. Jika juara dunia kelas super menengah itu mau dan mampu menggunakan kekuatannya, maka Canelo akan kalah. "Lagi pula, dia (Plant) berkeinginan masuk dalam daftar hall of fame, maka pertarungan ini harus ia menangkan. 

"Motivasinya jadi berlipat, bukan hanya untuk unifikasi, tapi juga untuk hall of fame. Ini akan jadi luar biasa," lanjut Porter. 

Hampir Full
Hampir 100 persen dari 16,800 kursi di MGM Grand Arena, Las Vegas, terisi sudah. Padahal tiket Unifikasi Super Middleweight, Canelo Alvarez vs Caleb Plant, termurah tribun atas wing 222, dibandrol 590 Usd atau sekitar Rp 8,378 juta per lembar. Sementara Ring side termurah 5,416 Usd atau Rp 76,9 juta dan termahal center B sebesar Rp 150,8 juta per tiket. 

Showtimes menjual sambungan PPV di Amerika 79,99 Usd (Rp 1,135 jt), di Inggris dan Irlandia 19,99 pounds (Rp 386 ribu), dan di Australia 59,99 dolar Australia (Rp 635 ribu) persambungan. Diprediksi sekitar 1,5 juta sambungan akan terjual. 

Sementara di Indonesia, tvone mementaskan laga tersebut sejak pukul o9.oo. Laga yang seru ini semakin mengukuhkan bahwa tvone adalah satu-satunya stasiun televisi yang konsisten  mementaskan tinju-tinju dunia yang terbaik sejak awal berdiri.