UMKM Bumi Alumni dan BLK Gelar Pelatihan Produktivitas Libatkan 3 Stakeholders

Safari
UMKM Bumi Alumni dan BLK Gelar Pelatihan Produktivitas Libatkan 3 Stakeholders

Bandung, HanTer - Direktorat Bina Produktivitas Kemnaker RI mengadakan pelatihan dengan Tema “ Pelatihan Penerapan Alat Dan Teknik Peningkatan Produktivitas di Bandung, Jawa Barat.  Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Instruktur BLK Cikole Lembang dan Anggota UMKM Alumni Unpad.

 

Pelatihan ini cukup unik, 3 Stakeholder yang berhubungan satu sama lain bergabung menjadi satu, yaitu Direktorat Bina Produktivitas Kemnaker RI sebagai regulator, Instruktur BLK sebagai ujung tombak dalam pelatihan produktivitas dan UMKM Alumni Unpad sebagai pelaku dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

 

Pelatihan yang diadakan selama 4 hari ini membahas tentang peningkatan produktivitas dalam konteks Alat, Teknik dan Metode (ATM). Narasumber pada pelatihan ini adalah Isnanto Wirodimedjo, seorang Master dalam bidang Produktivitas yang berstandart ILO.

 

Dalam paparannya, Isnanto mengatakan, "pelatihan kali ini komposisi pesertanya sangat unik, dimana ada 3 stakeholder yang saling terkoneksi berkolaborasi dalam satu pelatihan. Sehingga materi yang diberikan dapat disampaikan sekaligus kepada 3 stake holders dalam 1 kesempatan, sangat produktif," jelasnya.

 

Dalam acara penutupan pelatihan, Direktur Bina Produktivitas, Fahrurozi, S.H, M.H, mengatakan, selain untuk meningkatkan produktivitas peserta, dengan pelatihan ini diharapkan peserta juga dapat berperan sebagai agen produktivitas. Pelatihan ini adalah salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara ke 5 terkuat dalam hal produktivitas dimasa depan.

 

“Kita harus konsisten dalam melakukan pembinaan produktivitas, fokus pada program pembinaan dengan membentuk jejaring, upgrade regulasi dan mengajak sektor industri untuk menciptakan suasana kerja yang produktif," jelasnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Dewi Tenty, S.H., M.H., M.Kn, mengatakan, pelatihan produktivitas yang diadakan Direktorat Bina Produktivitas ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM, khususnya UMKM Bumi Alumni, dimana dengan upgrade soft skill ini, pelaku UMKM dapat melakukan analisa tingkat produktivitas secara mandiri dengan menerapkan sistem Alat, Teknik dan Metode yang didapat dalam pelatihan ini.

 

“Dengan jumlah anggota UMKM sekitar 750 orang, bila setiap peserta dapat menularkan ilmunya kepada 50 orang pelaku UMKM, maka  peningkatan produktivitas dapat secara cepat dilakukan," paparnya.

 

Dewi Tenty selaku Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Perkumpulan Bumi Alumni ini juga mengapresiasi upaya Direktorat Bina Produktivitas dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM, khususnya UMKM Bumi Alumni.

 

Komunitas UMKM Alumni Unpad ini merupakan cikal bakal dari terbentuknya Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) yang diinisiasi oleh Dr. Ary Zulfikar SH., MH pada tanggal 20 Maret 2020.  PBA merupakan organisasi nirlaba yang concern terhadap kemandirian finansial dari para anggotanya yang mayoritas adalah pelaku UMKM Alumni Unpad.

 

Komunitas UMKM AlumnI Unpad juga mengagagas terbentuknya Koperasi UMKM Alumni Indonesia dan mengembangkan platform online dan offline untuk memasarkan produk-produk UMKM dengan menciptakan pasar bagi para pelaku UMKM. Acara ini ditutup dengan acara ramah tamah dan foto bersama.