India Uji Coba Kirim Vaksin Covid-19 Pakai Drone

yp
India Uji Coba Kirim Vaksin Covid-19 Pakai Drone
Ilustrasi/foto: pixabay

INDIA – Pemerintah India siap melakukan uji coba pengiriman vaksin Covid-19 dengan menggunakan drone. Izin percobaan diberikan untuk daerah Telangana. 

Indiatimes menyebutkan Dewan Riset Medis India akan memulai pengiriman vaksin dengan bantuan drone yang dikembangkan oleh IIT Kanpur. Pemerintah Telangana juga telah mendapat persetujuan penggunaan drone untuk pengiriman eksperimental vaksin Covid-19, Jumat (30/4/2021). 

Izin penerbangan uji coba ini diberikan oleh Kementerian Penerbangan Sipil dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Namun, izin ini hanya berlaku untuk drone yang berada dalam Visual Line Of Sight Range (VLOS) yang berarti drone hanya diizinkan untuk terbang dalam jarak pandang yang jelas dari pengirim.

Dalam pernyataannya, kementerian itu menyebutkan izin hanya berlaku untuk jangka waktu satu tahun atau sampai ada perintah selanjutnya. Selain itu, ketentuan ini hanya akan berlaku jika semua ketentuan dan batasan yang ditetapkan dipatuhi dengan ketat.

Kementerian itu juga menyebutkan izin serupa telah dikeluarkan untuk ICMR untuk melakukan studi kelayakan pengiriman vaksin COVID-19 dengan bantuan drone yang dikembangkan oleh IIT Kanpur. Izin ini diberikan kepada ICMR untuk menguji drone di dalam kampus IIT Kanpur.

Kementerian menyatakan, “Uji coba juga akan membantu untuk melihat keadaan seperti populasi, tingkat isolasi, geografi dan sebagainya untuk mengidentifikasi wilayah yang secara khusus membutuhkan pengiriman dengan drone.”

Dikatakan pula bahwa izin diberikan untuk mendapatkan dua tujuan, yakni pengiriman vaksin yang lebih cepat dan meningkatkan akses perawatan kesehatan. Soalnya, dengan drone maka kesehatan lebih terjamin karena vaksin diterima di depan pintu warga yang berarti juga membatasi paparan Covid-19. (yp)