#Advokat

  • Dinilai Bertentangan dengan UU: Advokat, Dosen dan Mahasiswa Ajukan Keberatan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2017 ke MA
    Selasa, 18 Desember 2018 - 12:20 WIB

    Dinilai Bertentangan dengan UU: Advokat, Dosen dan Mahasiswa Ajukan Keberatan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2017 ke MA

    Komponen masyarakat yang berprofesi sebagai Advokat, Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) mengajukan permohonan keberatan hak uji materil ke Mahkamah Agung (MA). Rencananya pendaftaran keberatan hak uji tersebut akan didaftarkan ke MA

  • Langgar Kepatutan, Advokat Ajukan JR Penyidik PNS OJK
    Jumat, 30 November 2018 - 16:23 WIB

    Langgar Kepatutan, Advokat Ajukan JR Penyidik PNS OJK

    Sejumlah advokat mengajukan Judicial Review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait wewenang penyidikan yang diberikan UU Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam pasal 1 angka 1 dan Pasal 9 huruf c UU OJK. Pengajuan JR ini diwakili tiga advokat yakni Dr. Husdi Herman, S.H., M.H, Viktor Santoso Tandiasa, S.H., M.H, dan Tineke Indriani, S.H. Pengajuan JR diterima MK dengan nomor : 1844/PAN.MK/XI/2018.

  • Pemohon Uji UU Advokat  Tidak Berkedudukan Hukum
    Kamis, 01 November 2018 - 00:02 WIB

    Pemohon Uji UU Advokat Tidak Berkedudukan Hukum

    Mahkamah Agung (MA) berpendapat bahwa sejumlah anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang mengajukan permohonan uji materi UU Advokat di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak berkedudukan hukum untuk mengajukan permohonan a quo.

  •  Hak Imunitas Tak Lindungi Advokat Tanpa Batas
    Rabu, 17 Oktober 2018 - 22:37 WIB

    Hak Imunitas Tak Lindungi Advokat Tanpa Batas

    Direktur Litigasi Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Ninik Hariwanti, menjelaskan bahwa hak imunitas pada profesi advokat yang diberikan berdasarkan undang-undang seharusnya tidak dapat dijadikan alasan untuk melindungi advokat tanpa batas.