Yang Dilakukan Usai Ramadan
Foto :

RAMADAN 1442 H telah meninggalkan kita, apakah ia akan bertemu dengan kita lagi pada tahun depan dan berikutnya dan apakah masih diberikan kesempatan atau tidak oleh Allah kita tak tahu karena batas usia yang melekat  pada diri kita telah menjadi ketetapan Allah.

Sebagai muslim dan orang-orang beriman selama Ramadhan telah melaksanakan puasa disamping amalan-amalan kebaikan dan amalan lainnya sesuai syariat. Tentunya kita berharap dari puasa dan amal ibadah lainnya yang kita lakukan dibulan suci itu akan membekas dalam diri kita dan menjadi lebik baik pada pasca Ramadan. 

Semangat amalan ibadah selama Ramadan dengan melakukan makan sahur, sholat tarawih, sholat malam dan amalan ibadah lainnya seperti tadarus membaca, mendalami dan mengkaji l Qur’an hendaklah dapat dilanjutkan pada 11 bulan lainnya dalam setahun. Jangan hendaknya berlalunya Ramadhan maka amalan-amalan ibadah yang kita lakukan selama Ramadan juga berlalu begitu saja.

Banyak manfaat melakukan sholat tahajud namun melakukannya bukan karena motivasi alasan medis dapat membebaskan penyakit seperti kanker dan lainnya  tapi  lebih utama  melakukannya ikhlas dan diniati hanya karena Allah.

Ada beberapa amal kebaikan yang bisa dilakukan setelah Ramadan yakni puasa sunnah Syawal enam hari secara berturut-turut atau berselang dibulan Syawal memiliki keutamaan khusus dengan pahala yang menjanjikan. Rasulullah bersabda: ”Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

Kalau dibulan Ramadan kita dilatih untuk  sholat berjamaah di masjid, banyak sedekah, tidak ghibah dan tidak melakukan perbuatan maksiat lainnya maka ketika Ramadan usai hendaklah dapat terus dilakukan dengan istiqomah.       

Wallohu a’lambishshawab.           

(H Nuchasin M Soleh)