Memuliakan Perempuan
Foto :

ISLAM menilai perempuan bukan hadir hanya untuk melahirkan, mengasuh, dan menyusui melainkan mendidik, mengajar, menguatkan iman anak-anak dalam keluarganya. 

Perempuan adalah cahaya bagi keluarganya, pelita bagi kehidupan di masyarakat dan rumah tangganya. 

Buya Hamka dalam bukunya “Buya Hamka Berbicara Tentang Perempuan” menyatakan, jika perempuannya baik, maka baiklah negara dan jika mereka bobrok, bobrok pulalah negara. Mereka adalah tiang; dan biasanya tiang rumah tidak begitu kelihatan. Namun jika rumah sudah condong, periksalah tiangnya. Tandanya tianglah yang lapuk.

Laki-laki dan perempuan dalam rumah tangga saling memelihara, menjaga, membela dan saling menyemangati saling menjadi penolong bagi sebagian lainnya sehingga mereka keduanya, sama-sama besar dalam bidang masing-masing.

Buya Hamka mengatakan perempuan tidak boleh disia-siakan. 

Perempuan sama pentingnya dengan laki-laki dalam memikul tanggungjawab beragama, mengokohkan aqidah dan ibadah bagi anak-anak dalam keluarganya. 

Islam pun mengetahui dan menjaga kondisi fisik perempuan jangan sampai  ia memikul hal yang  tak dapat dipikulnya.

Tidak bisa satu rumah tangga berdiri jika hanya kemauan laki-laki saja yang berlaku dan tidak bisa rumah tangga berdiri jika hanya kehalusan lemah lembut perempuan saja yang terdapat.

Dengan misi tauhidnya, Islam mengajarkan bahwa semua manusia adalah setara di hadapan Tuhan, sehingga perempuan tidak harus sebagai orang yang bisa di perlakukan semaunya oleh laki-laki. 

Sejak Islam datang sebagai agama tauhid kehidupan sangat memuliakan dan menjaga kehormatan perempuan. 

Sebelum Rasulullah membawa risalah Islam, nasib perempuan sangat malang. Di zaman Jahiliyah terjadi setiap anak perempuan yang lahir kemudian dibunuh. 

Meski demikian hingga kini kekerasan terhadap perempuan masih sering terjadi. 

Padahal, perempuan sama seperti laki-laki di hadapan Allah, “......Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diatara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui  lagi Maha Mengenal “(QS Al Hujurat:13).

Islam memerintahkan untuk berbuat baik kepada perempuan, sebagaimana sabda Rasulullah: “Aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada para, wanita.” (HR Muslim).
 
Wallohu a’lambishshawab.

(Nuchasin M Soleh)