Keajaiban Unta
Foto :

BUYA Hamka pernah mengatakan bukanlah kita sedang mengalami kemunduran jika kita  memperhatikan tentang diciptakannya hewan yang di zaman now tak banyak yang memanfatkannya sebagai hewan tunggangan, pengangkut  barang atau sarana transportasi.

Tapi, kata Buya bagaimana kita menyingkap kebesaran Allah dan keagungan-Nya yang tampak nyata sebagaimana terungkap dalam QS Al Ghasiyah ayat 17 Allah berfirman: ‘’Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan’’.

Unta ternyata merupakan hewan yang luar biasa yang bisa bertahan hidup di suhu udara 50 derajat Celcius. Unta bisa bertahan hidup hingga delapan hari tanpa makan dan minum di gurun pasir yang sulit ditemukan makanan atau air. Saat siang hari gurun pasir suhunya sangat panas, sedangkan malam hari sangat dingin mendekati nol derajat.

Kalau pun ada makanan di gurun pasir biasanya sudah kering, keras dan berduri. Namun Allah menciptakan gigi dan mulut unta itu secaraa khusus sehingga bisa memakan makanan yang berduri dan keras itu dengan mudah. Perut unta juga diciptakan Allah sedemikian rupa sehingga dapat memakan hampir semua tumbuhan di padang pasir. Kondisi seperti itu menyebabkan unta mampu bertahan delapan hari tanpa makan.

Allah juga menciptakan kelopak mata unta secara khusus tembus cahaya dan dapat melindngi matanya dari debu dan butiran pasir dan dapat melihat ke sekitarnya yang penuh debu meski matanya tetutup. Bulu mata dan hidung unta pun, Allah ciptakan dengan sebaik-baik bulu mata yang panjang dan tebal guna mencegah masuknya debu ke mata, sementara hidung unta juga  memliki penutup khusus ang mampu menahan terpaan badai pasir. 

Selain itu, bulu matanya bisa saling mengait membentuk semacam teralis melindungi mata dari debu. Hidungnya pun secara otomatis dapat tertutup ketika ada badai pasir tanpa mengganggu pernafasannya.

Kaki unta juga didesain oleh Allah sedemikian rupa sehingga mampu membawa muatan ratusan kilogram dengan aman. Allah menciptakan telapak kaki unta lebar sehingga dapat aman menapak sehingga terhindar dari terperosok kedalam permukaan pasir. Kaki unta yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas membakar di bawahnya. Rambut dan bulu unta yang tebal dan lebat mampu melindungi tubuhnya dari sengatan matahari siang hari  dan dinginnya pada malam hari.

Semua keajaiban dan kelebihan yang terdapat pada unta tersebut tentunya menjadi perhatian kita untuk menguatkan  keimanan kita pada Allah bahwa Allah Maha Kuasa atas segala penciptaannya.

Punuk unta merupakan gundukan lemak yang  bisa diubah menjadi sumber tenaga dan air. Itulah sebabnya unta dapat berjalan di padang pasir yang sangat panas dan bertahan selama sekitar tiga pekan tanpa makan dan minum.
 
Wallohu a’lambishshawab.

(H Nuchasin M Soleh)