Masuk Surga karena Lalat
Foto :

SUATU ketika Rasulullah berceritera pada para sahabat tentang lalat yang bisa memasukkan seseorang ke surga dan neraka. 

Ada dua orang laki-laki yang bepergian melewati suatu permukiman yang penduduknya memiliki berhala. 

Mereka boleh melewati permukiman itu dengan syarat memberikan sesaji pada berhalai itu. Dua lelaki itu mengatakan tak memiliki apa-apa untuk sesaji.  

‘’Berkorbanlah walau hanya dengan seekor lalat’ ’kata penjaga berhala. Dengan serta merta seorang di antara dua lelaki itu memberikan sesaji seekor lalat pada berhala itu, maka  lelaki itu  diperbolehkan meneruskan perjalanannya melewati permukiman itu. Rasulullah berkata:  “Lelaki ini masuk neraka ‘’

Sementara itu seorang laki-laki lainnya menolak memberikan sesaji meski hanya dengan seekor lalat. 

"Tidak pantas bagiku berkorban sesuatu selain kepada Allah Azza wa Jalla’’. Karena menolak berkorban untuk berhala itu maka laki-laki tersebut dipenggal  lehernya hingga tewas. Rasulullah berkata:  Laki-laki ini masuk suga’’.

Kisah pendek ini berkaitan dengan akidah. 

Perbuatan yang sepele hanya gara-gara seekor lalat dengan tanpa berpegang teguh pada akidah ternyata telah membahayakan membawanya masuk neraka. Sedangkan yang perpegang teguh dengan akidah karena beriman masuk surga.

Manusia sebagai makhluk paling sempurna dibekali akal pikiran serta perasaan (hati)  dapat membedakan mana yang baik dan buruk,  benar dan salah, dapat menganalisa sebab akibat dari suatu masalah, dapat mempelajari tanda kekuasaan Allah SWT  dan dapat merenungkan tujuan dirinya diciptakan di dunia.
 
Wallohu a’lambishshawab.

(Nuchasin M Soleh)