Pentingnya Ilmu
Foto :

ILMU merupakan amalan yang tak pernah terputus walau orang yang berilmu itu telah wafat. Ilmu selalu mengandung nilai- nilai kebenaran dan kebaikan, dengan ilmu untuk membedakan halal dan haram,  benar dan  batil, baik dan buruk.  

Ilmu untuk amal kebaikan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Allah akan mengangkat derajat untuk kebaikan di dunia dan akhirat bagi orang yang berilmu. 

".....Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman  diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan  beberapa derajat.Dan Allah Maha Mengetahui  apa yang kamu kerjakan). (QS. Mujadilah: 11).

Pentingnya manusia mencari ilmu, menurut Buya Hamka, bukan hanya untuk membantu manusia memperoleh penghidupan yang layak, melainkan lebih dari itu, dengan ilmu manusia akan mampu mengenal Tuhannya, memperhalus akhlaknya, dan senantiasa berupaya mencari keridhaan Allah.

Imam Syafii berkata ilmu itu ibarat cahaya. Ia hanya dapat menerangi gelas yang bening dan bersih. Ilmu akan terhalang masuk dalam diri manusia yang hatinya keruh dan banyak maksiat. 

”Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah pengikat. Maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat”, kata Imam Syafi’i.  

Untuk menjaga agar ilmu tidak luntur harus diikat dengan rajin membaca kemudian menginformasikannya  dengan lisan dan tulisan. 

Selain itu menjaga diri agar tidak melakukan maksiat akan senantiasa mendapat bimbingan dan kekuatan ilmu dari Allah.

Imam Al Ghazali dalam kitabnya ”Ihya Ulumuddin” mengatakan: “Sungguh betapa bernilainya ilmu pengetahuan sehingga dipersamakan seiring  dengan derajat kenabian dan betapa kerendahannya suatu amalan yang sunyi dari ilmu pengetahuan.

Andaikata beribadat tanpa ilmu pengetahuan  tanpa mengetahui cara peribadatannya pasti bukan ibadat namanya”.

Allah SWT sudah memberikan banyak kenikmatan kepada hamba-Nya. Jika kita tidak memanfaatkanya dengan baik niscaya maka  akan menjadi  orang yang merugi.

"Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala". (QS. Al-Mulk : 10).

Dalam sebuah hadist tentang keutamaan ilmu pengetahuan, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim).

Niat yang ikhlas menuntut ilmu karena Allah akan memudahkan dalam mencari ilmu untuk kerbaikan dunia dan akhirat. 

Wallohu a’lambishshawab

(H Nuchasin M Soleh)