Hari Penuh Keberkahan
Foto :

BAGI umat Islam, dalam sepekan ada satu hari yang paling utama dan istimewa yakni hari Jumat.

Hari itu biasanya penuh keberkahan, hari kebersamaan sepekan sekali, keutamaan hari yang membedakan umat Yahudi (Sabtu) dan umat Nasrani (Ahad).

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Muslim).

Masih dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:”Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan." Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim).

Syekh Ali Jaber menerangkan bacaan salawat sejatinya adalah doa dan pujian kepada Rasulullah. Karenanya membaca salawat dapat memberikan banyak manfaat. 

Mulai dari menghilangkan kesusahan, memberi kemudahan lunasi utang, menyembuhkan penyakit, hingga memberi ampunan dosa dan mendapat 10 rahmat.

Selain itu, salawat juga membuat seseorang mendapatkan syafaat Rasul dan membuat posisi orang tersebut menjadi semakin mulia. 

Syekh Ali Jaber  megutip salah  satu hadis Rasulullah; "Barang siapa yang bersalawat kepada ku 10 kali mendapat 10 kebaikan, mendapat 10 rahmat, dihapus 10 kejahatan dan naik 10 derajat dan di akhirat mendapat syafaat-ku."

Bacaan salawat paling sederhana, kata Syekh Ali Jaber yakni‘’Shallallahu Ala Sayyidina Muhammad’’ yang Artinya: "Semoga Salawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad."

 Wallohu a’lambishshawab

(H Nuchasin M Soleh)