Akhlak Terpuji
Foto :

AKHLAK merupakan ukuran kepribadian dan cerminan seorang muslim. Seseorang akan dikenang baik atau buruk karena akhlaknya.

Akhlak menjadi bagian penting dalam kehidupan karena dari akhlak inilah kehidupan pribadi seorang atau umat menjadi baik atau buruk.

Menurut Imam Al-Ghazali akhlak bukan sekedar perbuatan, bukan pula sekedar kemampuan berbuat, juga bukan pengetahuan.

Akan tetapi, akhlak adalah upaya menggabungkan dirinya dengan situasi jiwa yang siap memunculkan perbuatan-perbuatan, dan situasi itu harus melekat sedemikian rupa sehingga perbuatan yang muncul darinya tidak bersifat sesaat melainkan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak itu meliputi  pemikiran, perasaan dan niat di hati manusia dalam hubungan manusia dengan Allah, antara manusia dengan manusia dan antara  manusia dengan makhluk lainnya.Sedangkan moral dalam hubungan manusia dengan manusia .

Sungguh betapa pentingnya akhlak dalam kehidupan. Rasulullah diutus dengan membawa risalah Islam untuk menyempurnakan akhlak manusia.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda: "Sungguh, aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia." (HR. Baihaqi dan Al-Hakim).

Rasulullah adalah manusia pilihan. Sungguh luar biasa keluhuran budi pekertinya. Semasa hidupnya dicintai para sahabatnya.

Rasulullah tak pernah menghina, memarahi, membenci bahkan tidak membalas jika ada orang yang mendzalimi atau menyakiti hati beliau.

Rasulullah itu pemaaf, penyabar, tawadhu, jujur, lemah lembut, santun, menyayangi umatnya.

“Bertakwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan ikutilah setiap kejelekan dengan kebaikan niscaya kebaikan itu akan menghapusnya, dan pergaulilah masyarakat dengan akhlak yang baik.” (H.R. At-Turmudzi).

Akhlak yang paling utama adalah akhlak kepada Allah yakni beriman kepada Allah, mengakui kesempurnaan sifat-sifat Allah dan membenarkan apa yang dikabarkan, diwahyukan oleh Allah. Selain itu juga beriman kepada Rasulullah.

Orang yang tidak mentaati perintah dan aturan Allah serta petunjuk dan ajaran Rasulullah adalah orang yang  bearklhak buruk, dengan berakhlak buruk  bisa menjadi kufur.

Wallohu a’lambishshawab.

(H Nuchasin M Soleh)