Senyum Juga Sedekah 
Foto :

BOLEH jadi masih ada yang mengira sedekah itu berupa uang atau harta saja.  Banyak amal kebaikan bernilai sedekah, sebagai rasa syukur pada Allah.

Suatu ketika seorang sahabat bertanya pada Rasulullah tentang sedekah:”Bagaimana jika ia tidak memiliki apa-apa, ya Rasulullah?”

Rasulullah menjawab:”Sebaiknya ia bekerja dengan kedua tangannya sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk dirinya dan ia sedekahkan”.  

Sahabat bertanya lagi:”Bagaimaa jika ia tidak mampu bekerja:”Rasulullah menjawab:”Sebaiknya ia membantu orang yang sangat membutuhkan bantuan itu”.

Sahabat bertanya lagi:” Bagaimana jika ia tidak bisa melakukan itu? ”Maka Rasulullah menjawab:” Sebaiknya menyuruh orang untuk berbuat baik.”

Masih juga sahabat bertanya:”Bagaimana jika ia juga tidak mampu melakukan itu?” Rasulllah pun menjawab:”Sebaiknya ia menahan diri dari perbuatan keji karena hal itu termasuk sedekah”(HR Imam An Nawawi).

Rasulullah menganjurkan umatnya suka bersedekah atau berinfaq karena dapat menghilangkan perasaan sombong, rakus, aniaya, cinta yang berlebihan terhadap harta, dan lain-lain. Berbagai macam cara orang bisa bersedekah dengan materi atau non materi.

Sedekah lebih utama secara diam-diam dibandingkan diberikan secara terang-terangan, juga lebih utama diberikan kepada  kerabat atau sanak saudara terdekat sebelum diberikan kepada orang lain.

Semoga termasuk sedekah seseorang yang berbicara baik tidak dusta, tidak sombong, menyakitkan hati orang lain, mencaci maki orang, menggunjing, tidak menghina, mengadu domba dan lainnya.

Dengan berkata baik berarti seseorang telah memberikan kebahagiaan kepada orang lain yang berarti telah bersedekah.

Mengajak yang baik   seperti mengajak orang untuk sholat, berpuasa, mengucapkan salam kepada sesama muslim sebagai perbuatan makruf.

Menasehati orang lain agar tidak meminum minuman keras, tidak berjudi merupakan perbuatan baik nahi mungkar.

Rasulullah bersabda senyum juga sedekah, “Senyumanmu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR At-Tirmidzi).

Selain itu mendamaikan dua orang yang berselisih, saling berlaku adil membantu seseorang untuk mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya, menunjukkan alamat kepada orang yang bertanya, menyeberangkan jalan orang tua, tuna netra, menyingkirkan benda di jalan yang dapat membahayakan orang lain juga sedekah.

Memberi minum kepada manusia, hewan yang kehausan, menanam dan menyirami dengan air tanaman kering, memberikan pinjaman uang kepada orang yang membutuhkan, meringankan beban pembayaran utang seseorang, mengajarkan ilmu yang bemanfaat pada orang lain juga sedekah. 

Seseorang bertanya pada Rasulullah; “Siapakah muslimin yang baik? Rasulullah menjawab, ‘Yaitu orang Islam yang kaum muslimin merasa aman dari lidah dan tangannya’.” (HR. Muslim).

Rasulullah juga bersabda; “Sesungguhnya, jika seorang Muslim memberikan nafkah kepada keluarganya dengan mengharap pahala dari Allah, maka yang demikian itu dihitung sebagai sedekah baginya.” (HR. Muslim).

Wallohu a’lambishshawab

(H Nuchasin M Soleh)