Masjid Ladang Akhirat
Foto :

MASJID merupakan tempat suci bagi hamba Allah untuk melakukan ibadah terutama sholat lima waktu. 

Sujud merupakan salah satu dari rangkaian paling utama dalam sholat karena ketika  sujud tersungkur menyadari diri  sebagai hamba yang pasrah berserah diri mendekatkan diri pada Allah.

Di dalam Al Qur’an disebutkan setidaknya ada 18 kata masjid hal ini menunjukkan betapa pentingnya masjid. Rasulullah bersabda:”Tempat yang paling dicintai Allah di permukaan bumi ini adalah masjid dan tempat paling dibenci Allah adalah pasar” (HR Muslim).

Menurut Imam Nawawi, masjid disebut sebagai tempat paling dicintai Allah di permukaan bumi karena masjid dibangun atas landasan taqwa sebagai tempat melakukan ketaatan terhadap Allah.

Sedangkan pasar sebagai tempat yang dibenci Allah karena pasar tempat adanya penipuan, tempat terjadinya riba, sumpah palsu, pengkhianatan janji dan tempat yang bisa menjadikan orang lalai berzdikir mengingat Allah dan lainnya.

Masjid merupakan ladang untuk akhirat, tempat berdialog dan transaksi untuk balasan seindah-indahnya tempat abadi yakni surga yang ditawarkan oleh Allah bagi hambaNya yang beriman dan bertaqwa.

Adalah kewajiban umat untuk memakmurkan masjid, dengan membangun, memelihara dan melakukan kegiatan  meningkatkan ilmu yang bermanfaat, bedzikir, membaca dan mengkaji Al Qur’an.

Dari Ustman bin Affan, Rasulullah bersabda:”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga. (H.R Bukhari dan Muslim).

Wallohu a’lambishshawab.

(H Nuchasin M Soleh)