Semua Keindahan Milik Allah
Foto :

PADA umumnya manusia sangat memperhatikan penampilan lahiriah ingin yang bersih karena bersih itu indah. Islam menyukai kebersihan salah satunya untuk syahnya sholat berwudlu harus bersih lahir dan batinnya. Allah mencintai keindahan.

"Sesungguhnya Allah Maha indah dan mencintai keindahan” (HR. Muslim).

Allah memiliki nama-nama yang indah, dzatnya sempurna dan mulia yang tidak mampu dilogikan oleh manusia.

Hanya saja terkadang manusia lebih memperhatikan kebersihan dan penampilan luar, sementara itu kurang memperhatikan kebersihan dan penampilan batiniyahnya.

Manusia memiliki lima komponen yakni nafsu, akal, hati, ruh, dan sirri (rahasia ilahi) yang tidak dapat dipisahkan dengan keindahan.

Pada umumnya manusia  senang dengan keindahan, pemuja keindahan yang selalu ingin menikmatinya  sebagai konsumsi bagi panca inderanya penglihatan, penciuman, pendengaran, pengecap dan indera perasa. 

Imam Ghazali melihat keindahan berdasarkan penampakan kesempurnaan dari sudut objek sesuai dengan kualitas kesempurnaan ideal yang sepatutnya ada dalam sebuah objek.

Hal ini berlaku dalam sebuah karya seni, yang dicipta dengan maksud dan tujuan berbeda, dan karenanya untuk fungsi yang berbeda pula dan dengan takaran bobot dan mutu yang berbeda pula.

Namun semua keindahan itu milik Allah. Allah itu indah dan mencintai keindahan dan di antara keindahan milik Allah ialah kasih sayang dan kelemahlembutan-Nya. 

Imam al-Ghazali berkata : “Kepunyaan Allah-lah keindahan, keagungan, dan kebesaran. Kesempurnaan dan kesucian tidak dapat disandangkan dan dibayangkan kecuali hanya untuk Allah sendiri, Allah Yang Maha Suci dari kekurangan, cacat dan cela”.

Allah itu Maha Jammil Maha Indah menyukai keindahan. Tapi keindahan yang Allah sukai dari hamba-Nya adalah keindahan yang sesuai syariat dan  aturan dalam Al Qur’an dan Al Hadist.

Indah bukan lantas sesuka hati berkreasi terhadap pakaian atau  apapun yang kita pakai dan lakukan  melainkan sesuai yang Allah kehendaki.

Allah tidak menyukai kesombongan. Rasulullâh bersabda: “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain. (HR.Muslim).

Wallohu a’lambishshawab.

(H Nuchasin M Soleh)