Allah Sumber Rezeki
Foto :

SUNGGUH Allah yang menciptakan seluruh makhluk dengan segala keunikan dan karakternya dan Allah pulalah yang menyediakan dan memberikan rezeki bagi kelangsungan hidup makhluk ciptaannya.  

Ada jenis tanaman yang bisa hidup di gurun pasir, ada tanaman dan bermacam-macam species hewan yang hidup di dasar laut, ada cacing yang bisa hidup dalam tanah, ada berbagai macam burung dan lainnya semuanya dijamin rezekinya oleh Allah.

Allah berfirman:”Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz) (QS  Hud: 6).

Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan “tempat berdiam” dalam ayat ini adalah di dunia dan “tempat penyimpanan” adalah akhirat.

Allah memberikan rezeki kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Sebagai manusia yang diberikan perlengkapan termasuk akal lebih sempurna dari hewan dan tumbuhan maka bukan menadah melainkan berusaha mencari mendapatkan rezeki yang diberikan Allah.

Manusia wajib bersyukur pada Allah dan tidak berbuat dholim terhadap sesama.  "Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat dzalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS: Ibrahim 34).

Lancarnya rezeki tergantung dari kedekatannya pada Allah yakni dengan istighfar. Rasulullah bersabda:”Siapa saja yang memperbanyak istighfar maka Allah akan melapangkan setiap kesusahan, memberi jalan keluar setiap kesukarannya dan memberi rezeki tanpa diduga-duga." (HR Abu Dawud dan Nasa’i).

Wallohu a’lambishshawab

(H Nuchasin M Soleh)