Manfaat Bersedekah
Foto :

RASULULLAH sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah karena merupakan amal kebaikan yang bernilai sangat besar pahalanya. Bersedekah dengan ikhlas mengharap ridlo Allah akan menjadi berkah, menambah perolehan rezeki , serta diampuni dosa-dosanya oleh Allah. 

Suatu ketika Rasulullah setelah selesai mengimani sholat Ashar di masjid bergegas keluar menuju kerumahnya, namun tidak lama kemudian Rasulullah kembali lagi ke masjid.

Para sahabat heran memandangi dan bertanya kepada Rasulullah apa yang telah dilakukan beliau. Rasulullah mengatakan bergegas kembali ke rumah untuk mengambili emas dari harta sedekah orang. 

"Aku tidak ingin emas itu berada ditanganku sampai nanti malam karena  itu aku ingin segera membagikannya,” kata Rasulullah.

Allah menjanjikan kemuliaan dan balasan luar biasa bagi orang-orang yang suka bersedekah.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).
  
Disebutkan dalam Hadist Bukhari, Rasulullah menjelaskan  ada 7 tipe manusia yang memperoleh naungan satu-satunya dari Allah di hari akhir kepada hambaNya yang  gemar bersedekah dan melakukannya dengan menggunakan tangan kanannya sampai-sampai tangannya kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.

Rasulullah juga bersabda:“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Sedekah dapat menghapus dosa namun memberikannya harus disertai dengan bertaubat mohon ampunan dari Allah. Dengan bersedekah dapat menghapus dosa namun manakala cara memperoleh harta untuk sedekah itu berasal niatan sebelumnya dengan mencuri, korupsi, memakan harta anak yatim tidak dapat dibenarkan.

Jangan pernah enggan bersedekah. Allah berfirman: “Dan apa saja barang yang kamu infaqkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS Saba’ : 39).

Allah juga berfirman: ”Dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada kisasnya. Barang siapa yang melepaskan (hak kisas) nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya......”.(QS.Al-Ma’idah:45).

Karenanya orang beriman harus selalu bertaubat dan rajin bersedekah dari perolehan rezekinya yang halal besar atau kecil disertai dengan niat yang ikhlas mengharap ridho-Nya.

Rasulullah menganjurkan ummatnya untuk banyak bersedekah, beramal sholeh dan memperbanyak membaca shalawat untuk Rasulullah. Menurut Rasulullah waktu paling afdhal pada hari Jumat atau malam Jumat.

Wallohu a’lambishshawab.

(H Nuchasin M Soleh)