BWF Super Series di Thailand

Indonesia Charter Pesawat, Jepang Batal Ikut

Hermansyah
Indonesia Charter Pesawat, Jepang Batal Ikut
Ilustrasi pelatnas bulutangkis Cipayung

Jakarta, HanTer - Tim bulu tangkis Indonesia akan berlaga di dua turnamen BWF Super Series yang berlangsung di Thailand mulai pertengahan bulan ini. Dua turnamen tersebut adalah YONEX Thailand Open yang berlangsung pada 12-17 Januari serta TOYOTA Thailand Open pada 19-24 Januari mendatang.

Jika Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon cs berhasil lolos ke peringkat delapan besar dalam BWF Road to Bangkok itu, maka mereka berhak melanjutkan pertandingan pada BWF World Tour Finals 2020 yang digelar di tempat yang sama pada 27 hingga 31 Januari.

Keberangkatan para pemain Pelatnas Cipayung itu ke Bangkok menggunakan pesawat charter milik Garuda Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy, yang menurutnya keputusan tersebut diambil sebagai langkah federasi demi menjamin kesehatan dan keselamatan tim dari risiko penularan Covid-19.

"Tim berangkat Senin (4/1/2021). Demi menjamin kesehatan dan keselamatan terpapar dari penyakit Covid-19, sehingga diputuskan dengan pesawat charter Garuda, jadi tidak menggunakan pesawat komersial biasa yang dikhawatirkan bercampur dengan penumpang lain yang bisa tertular virus," kata Broto Happy kepada Harian Terbit, Minggu (3/1/2021).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa mas Bro itu mengatakan sesampainya tim di Bangkok, rombongan langsung melakukan tes usap dan dikarantina seperti kontestan dari negara lainnya. "Selama mengikuti turnamen di Bangkok, pemain akan menjalani setidaknya tujuh atau delapan kali tes usap. Ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pemain," tambah mas Bro.

"Para pemain, pelatih dan panitia berada dalam gelembung. Jadi hanya dari hotel ke arena saja sehari-harinya. Dilarang keluar, termasuk ke mal atau keperluan lain di luar gelembung. Dari awal Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky meminta pemain benar-benar mentaati protokol kesehatan dan anjuran pemerintah," pungkasnya.

Sementara itu, Tim bulu tangkis Jepang pada Minggu (3/1/2021) menyatakan batal mengikuti turnamen di Thailand itu menyusul Kento Momota dinyatakan positif terinfeksi penyakit Covid-19.

Momota dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 saat sedang berada di bandara Narita, Jepang, ketika tim sedang menuju Thailand, meski demikian, Asosiasi Bulu Tangkis Jepang mengonfirmasi bahwa tidak ada dari 22 pemain Jepang lainnya yang dinyatakan positif virus Corona, kecuali Momota.

"Momota dinyatakan positif terinfeksi penyakit Covid-19 dan asosiasi telah memutuskan untuk tidak mengirim semua pemain ke Thailand," kata seorang pejabat asosiasi seperti dilansir AFP.

Momota yang kini sebagai penghuni ranking satu dunia itu, sebelumnya sudah melakukan comeback sekaligus menjadi juara pada turnamen All Japan yang berlangsung akhir tahun lalu pasca menderita cedera serius dalam sebuah kecelakaan mobil yang terjadi awal tahun 2020 lalu.