Carlos Sainz Juara Etape Pertama Reli Dakar 2021

Hermansyah
Carlos Sainz Juara Etape Pertama Reli Dakar 2021
Carlos Sainz saat tampil di etape pertama Reli Dakar 2021 dari Jeddah ke Bisha dengan jarak tempuh 623 km.

Jakarta, HanTer - Pembalap X-Raid MINI JCW Team, Carlos Sainz, berhasil memenangkan stage 1 kategori mobil Reli Dakar 2021. Dirinya unggul 25 detik saja dari sang rekan sekaligus pembalap berjuluk Mr. Dakar, Stephane Peterhansel pada stage 1 dari Jeddah ke Bisha yang jaraknya sejauh 623 km ini.

Sementara itu, pereli Qatar Nasser Al-Attiyah dari tim Toyota Gazoo Racing yang melakukan start dari pole dan membuka trek, ternyata malah membuatnya kesulitan pada stage ini, sehingga hanya mampu bertengger di posisi ke-10. Al-Attiyah kalah cepat 12 menit 34 detik dari Sainz yang mengendarai MINI JCW Buggy.

"Kami memutuskan untuk memenangi prolog, dan kami sudah mengira bakal kehilangan waktu membuka jalan hari ini. Etape besok lah yang sangat penting. Saya sangat senang dengan bagaimana ini berjalan karena kami tak membuat kesalahan," kata Al-Attiyah.

Martin Prokop melengkapi podium di peringkat ketiga di belakang kedua mobil buggy Mini itu dengan selisih tiga menit 18 detik, demikian laman resmi Dakar. Pembalap tercepat dari Toyota Gazoo Racing, Giniel De Villiers, menempati posisi ke-7 dengan ketinggalan 8 menit 59 detik dari Sainz.

Sementara itu, juara 9 kali Kejuaraan Reli Dunia (WRC) Sebastien Loeb, tidak cukup bagus dan hanya menempati posisi ke-21 dengan selisih 24 menit 14 detik dari Sainz. Di etape dengan rute cukup datar dengan SS sejauh 277 km itu, Loeb mengalami dua kali kebocoran ban. Membela tim debutan BRX, Loeb bakal harus memotong defisit waktunya jika masih ingin menjaga asa perburuan gelar juara pertamanya di Dakar.

Etape kedua bakal menguji keterampilan para pebalap ketika mereka menghadapi bentang bukit pasir sepanjang 30 km yang berada antara Bisha dan Wadi Ad-Dawasir. "Start larut sangat menguntungkan kami, tapi hal akan berbeda besok jika kami harus membuka jalan," kata Peterhansel, yang telah memenangi 13 gelar di Dakar.

"Ini sama sekali bukan strategi kami karena kami tahu etape dua bakal menuntut lebih banyak navigasi. Akan lebih baik start di posisi kelima atau keenam besok," pungkasnya.