Leo/Daniel Singkirkan Senior Fajar/Rian untuk Tiket Perempat Final Thailand Open 2021

Hermansyah
Leo/Daniel Singkirkan Senior Fajar/Rian untuk Tiket Perempat Final Thailand Open 2021
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin  /Badmintonphoto | Courtesy of BWF

Bangkok, HanTer - Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil menyingkirkan rekan senegaranya sekaligus seniornya di pelatnas Cipayung, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada babak kedua Thailand Open di Impact Arena, Bangkok, untuk sebuah tiket perempat final, pada Kamis (14/1/2021).

Ini pun menjadi kali pertamanya bagi Leo/Daniel melaju ke perempat final turnamen internasional level Super 1000 setelah menang 16-21, 21-17 dan 22-20 dalam durasi pertandingan 63 menit. "Kami harus menunjukkan yang terbaik di turnamen ini. Saya merasa itu masih belum cukup karena perjalanan masih jauh di depan. Meskipun kami menang, tantangannya ada. Kami perlu tetap fokus dan bersiap," ucap Daniel Marthin usai laga.

"Tadi coba main lepas dan melawan dulu, sama lebih sabar aja sih. Gak nyangka bisa menang, tapi kalo udah main ya bisa juga terjadi, jadi yang penting fighting dulu aja di lapangan," tambahnya.

Sejak gim pertama, pertandingan sudah berjalan sangat alot saat kedua pasangan, yang baru pertama kali bertemu di turnamen internasional, tiga kali berbagi angka. Setelah imbang 3-3, Fajar/Rian akhirnya mampu menjauhkan jarak.

Ganda putra peringkat enam dunia itu mampu menjaga keunggulannya sehingga memimpin hingga interval 11-5. Setelah itu, mereka kembali tak terkejar hingga gim pertama ditutup dengan skor 21-16 untuk kemenangan Fajar/Rian.

Memasuki gim kedua, Leo/Daniel bangkit dan mulai mengimbangi lawan. Keunggulan 5-2 di awal berhasil dijaga hingga akhir. Leo/Daniel bahkan tak sekalipun memberikan Fajar/Rian kesempatan untuk memimpin. Leo/Daniel pun akhirnya berhasil memaksakan rubber game setelah menuntaskan gim kedua dengan skor 21-17.

Laga semakin sengit pada gim ketiga. Kedua pasangan saling bergantian memimpin perolehan poin. Fajar/Rian unggul di awal, namun Leo/Daniel lagi-lagi mampu mengejar hingga 10-9.

Sejak saat itu, kedudukan imbang lima kali hingga angka 15-15 sebelum Leo/Daniel merebut dua poin berikutnya. Aksi saling kejar-kejaran poin terus berlanjut hingga angka 20-20. Leo/Daniel akhirnya menutup gim penentu dengan kemenangan 22-20.

"Alhamdulillah kami menang melawan senior kami. Kami jarang bisa bermain melawan satu sama lain dengan mitra tetap kami. Kami selalu berpasangan dengan mitra yang berbeda. Yang terpenting adalah kami terus menunjukkan yang terbaik. Kami tidak bisa puas dengan penampilan ini," tutur Leo Rolly Carnando

Sementara itu, Fajar/Rian memuji permainan lawannya. "Lawan kami bermain bagus. Kami bermain melawan junior kami dan mereka bermain tanpa beban. Kami memiliki tekanan yang berbeda dari mereka karena mereka junior yang baru saja naik. Permainan mereka bagus dan kami kebobolan," tutur tutur Muhammad Rian Ardianto.

"Kami harus lebih siap kedepannya, turnamen baru saja dimulai di tahun baru ini, jadi kami harus lebih mempersiapkan diri karena lawan kami akan berlatih keras. Kami tidak tahu seberapa kuat mereka. Kami perlu berlatih lebih keras," tambahnya.

"Mereka berani dalam pendekatan mereka dan kami tahu kekuatan dan kelemahan satu sama lain karena kami berada dalam latihan yang sama. Mereka mampu mengantisipasi permainan kami. Saya pikir penampilan kami berada pada level yang bagus, tapi mereka benar-benar bagus, dan benar-benar hebat. semangat juang yang bagus, namun kami kalah di poin penutup," timpal Fajar Alfian.

Pada perempat final, Leo/Daniel akan menghadapi wakil Inggris Marcus Ellis/Chris Langridge, usai menundukkan ganda putra Jerman Daniel Hess/Jones Ralfy Jansen dengan skor 21-12 dan 21-16.