Bungkam Bali United, Pelita Jaya Bakrie Masih On The Track

Hermansyah
Bungkam Bali United, Pelita Jaya Bakrie Masih On The Track
Pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Agassi Yeshe Goantara cetak 19 poin bawa timnya bungkam Bali United

Bogor, HanTer - Tim basket Pelita Jaya Bakrie Jakarta masih on the track dalam mengarungi kompetisi basket kasta tertinggi bertajuk IBL Pertamax 2021. Dari sembilan laga yang telah dilalui, tim ini baru merasakan sekali kekalahan, yakni dari 'musuh bebuyutannya' Satria Muda Pertamina Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kemenangan terbaru yang diraih anak asuh Ocky Tamtelahitu tersebut saat menumbangkan tim debutan pada kompetisi ini yakni Bali United Basketball Club, melalui skor 83-73, ketika berlangsung di Robinson Resort Cisarua, Bogor, Selasa (30/3/2021).

Muhammad Hardian Wicaksono tampil sebagai pencetak angka terbanyak bagi tim asal Ibu Kota itu, yakni dengan mengemas 21 angka. Sedangkan rekannya Agassi Yeshe Goantara, menyumbangkan 19 poin. Sementara di kubu Bali United, Yerikho Christphor Tuasela mencetak 14 poin dan Lutfi Alfian Eka Koswara menyumbangkan 13 angka bagi timnya.

Laga ini tidak mudah bagi Pelita Jaya untuk meraih kemenangan, pasalnya Bali United Basketball memberi perlawanan sengit, bahkan sering merepotkan pertahanan Pelita Jaya, meski demikian, juara IBL 2017 itu hanya unggul tiga angka saja dengan skor 20-17 dikuarter pertama terhadap tim debutan.

Bali United tertimpa kemalangan di pertengahan kuarter kedua. Saat mereka berupaya mengejar ketertinggalan, pemain bintangnya Ponsianus Nyoman Indrawan yang akrab disapa Komink yang juga sebagai kapten Pelita Jaya saat menjadi juara di musim 2017 itu, harus ditarik keluar karena sudah foul-touble.

Tanpa Komink, para pemain Pelita Jaya dengan leluasa memasuki paint area. Tercatat ada empat kali layup dibuat pemain Pelita Jaya setelah Komink ditarik keluar oleh coach Alexandar Stefanosky. Pelita Jaya bisa unggul 42-36 di akhir kuarter kedua.

Bali United menolak untuk menyerah dari Pelita Jaya. Melalui perjuangan yang keras, anak-anak Bali memotong keunggulan jadi lima angka (56-61) di akhir kuarter ketiga. Ini memberi mereka semangat untuk bisa menyusul di kuarter keempat.

Namun ketenangan para pemain Pelita Jaya yang bagus, meski dalam keadaan tertekan masih bisa mencetak poin dan menjaga keunggulan, sehingga kemenangan pun dapat diraihnya.

Ocky Tamtelahitu selalu juru taktik Pelita Jaya pun merasa gembira, di mana anak asuhnya mampu menjaga ritme kemenangan. “Bersyukur kami bisa menang. Bali United bermain baik," ucapnya pada sesi wawancara virtual pasca laga.

Ia juga menyebut jika anak asuhnya bermain ceroboh, namun sebaliknya memuji kegigihan lawan. "Pelita Jaya malah lebih ceroboh mainnya. Semua pemain Bali United bisa bermain basket,” puji Ocky.

Meski menuai kekalahan, juru racik Bali United Basketball, Alex Stefanosky tetap memberikan pujian kepada para pemainnya yang sudah berjuang dan memberikan ucapan selamat kepada Pelita Jaya atas kemenangannya tersebut.

"Saya apresiasi kepada seluruh pemain, meski ada beberapa kesalahan kecil, tetapi saya gembira dengan bagaimana mereka bermain dan selamat buat Pelita Jaya," katanya.

Meski tim debutan, Bali United sejauh ini menorehkan hasil yang baik. Dari 11 laga, telah menuai tujuh kali kemenangan dengan bertengger di urutan kedua klasemen sementara divisi Merah. Oleh karena itu, Alex tetap yakin pasukannya akan berhasil menembus babak play off.

“Dalam hitungan saya, kami butuh dua kemenangan lagi untuk mendapatkan tiket play off, tetapi kami ingin fokus dari laga demi laga dulu,” katanya.

Kedua tim akan kembali bertemu di seri IV yang akan berlangsung pada 3 April mendatang.