Menpora Amali Harap ISORI Bersinergi dengan Kemenpora Sosialisasikan dan Implementasikan GDKN

Hermansyah
Menpora Amali Harap ISORI Bersinergi dengan Kemenpora Sosialisasikan dan Implementasikan GDKN
Menpora Zainudin Amali saat melakukan sambutan pasca mengukuhkan pengurus Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia (ISORI) periode 2021-2025

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia (ISORI) membantu pemerintah dalam mensosialikasikan dan mengimplementasikan Grand Design Keolahragaan Nasional (GDKN) yang tengah disusun Kemenpora dengan sejumlah pihak terkait. 

Hal ini disampaikan Menpora Amali usai melantik ISORI periode 2021-2025 di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (31/3/2021). "Dengan pengukuhan Pengurus Pusat (ISORI) periode 2021-2025 tentu bisa membantu pemerintah, itu yang paling penting," tegasnya.

"Sekarang kita sudah punya Grand Design Keolahragaan Nasional, maka menjadi tanggung jawab ISORI untuk mensosialisasikan, kemudian membantu mengimplementasikan dan memonitor serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan desain besar ini ke daerah," tambah Menpora Amali. 

Selain itu, politikus asal partai Golkar itu juga meminta pengurus pusat untuk segera melakukan pelantikan dan pembentukan pengurus di daerah-daerah, karena sarjana olahraga diyakini banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. "Nanti Pak Ketum ISORI, di daerah-daerah juga dikukuhkan, tinggal ditentukan jadwalnya kalau perlu saya hadir," kata Menpora Amali. 

Lebih lanjut, ia juga menilai sarjana olahraga di Indonesia sudah cukup banyak. Namun data saat ini disebut belum lengkap. Oleh karena itu, dia juga meminta Pengurus ISORI melakukan pendataan terhadap para sarjana olahraga karena dia yakin sarjana olahraga kini tidak hanya ada di perguruan tinggi, tapi juga ada yang sudah mengajar di berbagai jenjang pendidikan seperti SMA, SMP dan bahkan SD. 

"Kira-kira satu bulan Pak Ketum, kita sudah punya data ini. Tujuannya apa? Tujuannya adalah supaya bisa disinergikan dengan program yang ada di Kemterian Pemuda dan olahraga ini," pungkasnya Menpora Amali. 

Sebagai bentuk dukungannya kepada ISORI, Menpora Amali akan menyediakan kantor atau sekretariat untuk DPP ISORI di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

"Walaupun ukurannya kecil untuk sekretariat ISORI kita akan siapkan di sini. Jadi walaupun kecil, tidak besar dan juga akan kita beri dengan dukungan tenaga. Nanti kita akan bicarakan dengan pak Seskemenpora, supaya tidak ada alasan buat ISORI tidak bergerak," ujar Menpora Amali.