Kapolri Listyo Jabat Ketum ISSI Periode 2021-2025, PBSI Tidak Mempermasalahkan

Hermansyah
Kapolri Listyo Jabat Ketum ISSI Periode 2021-2025, PBSI Tidak Mempermasalahkan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo sah menjadi Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk periode 2021-2025

Jakarta, HanTer - Maju sebagai calon tunggal, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk periode 2021-2025, menggantikan Raja Sapta Oktohari karena menjadi ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Kepastian Jendral polisi berbintang empat menjadi Ketum ISSI itu, melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang berlangsung di FX Tower, Jakarta, Sabtu (3/4/2021). Sebanyak 32 Pengurus Provinsi (Pengrov) hadir dalam Munaslub tersebut dan Steering Committee Jadi Rajagukguk sah menetapkan Listyo sebagai ketua umum yang baru. 

"Bapak Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo adalah calon tunggal, maka secara otomatis terpilih menjadi ketua. Ia sekaligus merangkap ketua formatur untuk membantu menyusun pengurusan selambatnya-lambatnya 30 hari setelah Munaslub," kata Jadi Rajagukguk di Munaslub.

Dalam Munaslub tersebut, Kapolri Listyo berhalangan hadir., dirinya diwakili oleh Kombes Pol Wahyu Adiningrat bertugas menyampaikan visi-misi yang diusung Listyo untuk PB ISSI. Intinya, ia mau meningkatkan kualitas kepengurusan dan prestasi sepeda nasional.

"Saya menyampaikan sambutan ketum terpilih 2021-2025 Bapak Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Beliau minta maaf karena sedang tugas di Nusa Tenggara Timur. Saya yang akan menyampaikan Visi-misi ketua PB ISSI 2021-2025," tutur Kombes Pol Wahyu Adiningrat dalam sambutannya yang mewakili Kapolri Listyo.

"Ada enam program strategis: Pengemembangan kualitas wasit, pengembangan juri, pengembangan penyelenggaraan nasional, region, internasional, pengembangan venue sesuai standarasisasi dunia, penataan sistem organisassi sesuai AD/ART. Itu program strategis untuk empat tahun ke depan," bacanya.

Tak lupa, Wahyu mengucapkan selamat kepada kepengurusan sebelumnya yang dipimpin Raja Sapta. Disebut Wahyu, Raja Sapta cukup sukses mengangat prestasi sepeda Indonesia. "Prestasi PB ISSI dari 2019 sampai saat ini di bawah okto saya apresaiasi. Terutama prestasi atlet BMX Toni Syarifudin di Olimpade Rio de Janeiro maupun pretasi lainnya di single event nasional dan event internasional," ucap Wahyu.

Selain menjabat sebagai Kapolri dan Ketum ISSI yang baru, Jendral Listyo sebelumnya juga tercatat sebagai Sekjen PBSI. Meski demikian, tugas tambahan yang diemban oleh Kapolri Listyo di cabang olahraga sepeda tidak dipermasalahkan oleh pengurus bulutangkis Indonesia.

Hal tersebut seperti diungkapkan Ketua Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy Wondomisnowo kepada awak media. "Setelah saya berkoordinasi dengan Wasekjen PBSI Edi Sukarno, dinyatakan bahwa dalam AD-ART PP PBSI, selain Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna, tidak ada larangan bagi jajaran pengurus yang lain di PP PBSI untuk terpilih menjadi pengurus di induk organisasi cabang olahraga nasional yang lain," tutur Broto.

"Artinya, Sekjen PBSI Listyo Sigit Prabowo tidak ada larangan untuk menjadi ketua umum di induk cabang olahraga nasional yang lain," pungkas Broto.