Pilih PBSI atau ISSI, Keputusan di Tangan Kapolri Listyo

Hermansyah   
Pilih PBSI atau ISSI, Keputusan di Tangan Kapolri Listyo
Jenderal Listyo Sigit Prabowo sah menjadi Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk periode 2021-2025

Jakarta, HanTer - Keputusan untuk memilih PB ISSI atau PP PBSI, kini berada di tangan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, usai resmi didaulat menjadi Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pada Sabtu (3/4/2021) di Jakarta, untuk periode 2021-2025, menggantikan Raja Sapta Oktohari karena menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), 

Sebelum sah dinobatkan menjadi Ketua Umum PB ISSI, hingga kini Kapolri Listyo tercatat sebagai Sekjen PBSI. Masyarakat olahraga Indonesia ternyata menaruh harapan besar terhadap jendral polisi berbintang empat itu untuk berada di dalam kepengurusan cabang olahraga.

Meski demikian, AD/ART PP PBSI pada pasal 14 ayat dua ternyata melarang terjadinya rangkap jabatan guna menghindari konflik kepentingan serta untuk mewujudkan tata kelola yang baik.

"Semua jabatan di Pengurus Pusat/Pengurus Provinsi/Pengurus Kabupaten/Kota tidak boleh rangkap jabatan di semua tingkatan cabang olahraga lain selain cabang olahraga bulutangkis;," bunyi AD/ART PP PBSI pada pasal 14 ayat dua, poin g.

Menanggapi hal tersebut, PBSI pun buka suara. Ketua Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy Wondomisnowo saat dihubungi Harian Terbit mengatakan jika keputusan memilih ada di tangan sang jendral. "Keputusannya semua diserahkan ke Pak Listyo," tutur Broto singkat.

Sebelumnya diberitakan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo maju sebagai calon tunggal untuk menjabat Ketum PB ISSI. Melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di FX Tower, Jakarta pada Sabtu ini, akhirnya 32 Pengurus Provinsi (Pengrov) yang hadir dalam Munaslub tersebut sepakat memilih jendaral polisi berbintang empat itu menjadi Ketum baru. 

Steering Committee Jadi Rajagukguk pun menetapkan Kapolri Listyo sebagai ketua umum yang baru. "Bapak Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo adalah calon tunggal, maka secara otomatis terpilih menjadi ketua. Ia sekaligus merangkap ketua formatur untuk membantu menyusun pengurusan selambatnya-lambatnya 30 hari setelah Munaslub," kata Jadi Rajagukguk di Munaslub.

Setidaknya terdapat enam program strategis yang akan dikerjakan Kapolri Listyo saat mengemban tugas sebagai Ketum ISSI untuk empat tahun ke depan, yakni pengembangan kualitas wasit dan  juri, pengembangan penyelenggaraan nasional, region serta internasional, pengembangan venue sesuai standarasisasi dunia, penataan sistem organisassi sesuai AD/ART.