Bangkitkan Sport Tourism, Menpora Amali Launching Indonesian Corporate Golf Series Championship 2021

Hermansyah
Bangkitkan Sport Tourism, Menpora Amali Launching Indonesian Corporate Golf Series Championship 2021
Menpora Zainudin Amali saat melaunching Indonesian Corporate Golf Series Championship 2021, Minggu (4/4/2021).

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, melaunching gelaran Indonesian Corporate Golf Series Championship (ICGSC) 2021 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta Selatan, Minggu (4/4/2021). 

Dalam sambutannya, dia pun sangat mendukung ajang ini, lantaran menurutnya mampu memicu kegemaran masyarakat untuk kembali berolahraga. "Ini jadi pemacu buat masyarakat luas agar rajin berolahraga," ucapnya.

Empat kota bakal menjadi tuan rumah pada event yang memperebutkan Piala Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) ini.

Seri pertama kejuaraan Golf yang diselenggarakan oleh Satu Harmoni Guna Cita (SHGC) ini akan digelar di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, 6 Juni. Seri kedua di Parahyangan Golf, Bandung, 29 Agustus. Seri ketiga di Merapi Golf, Yogyakarta, 24 Oktober. Seri terakhir Bali National Golf, Bali, 19 Desember.

"Semoga wisata kita bisa tumbuh kembali. Ini arahan dari Presiden Jokowi juga karena Indonesia tempat yang bagus untuk sport tourism," tambah Menpora asal partai Golkar itu.

Sementara itu pada bagiannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyambut baik digelarnya Golf Series ini. Dia berharap kejuaraan golf ini bisa digelar setiap bulan hingga akhir tahun.

"Ini penggabungan olahraga dan pariwista, sport tourism. Ini membangkitkan semangat dan membuka peluang. Kali ini baru digelar di empat kota, semoga ada tambahan dua lagi. Ini agar sampai akhir tahun nanti ada Corporate Golf Series di setiap bulan," ujarnya.

"Saya menghitung di Asia, bisnis golf dan pariwisata kalau digabung potensinya 15 miliar dollar. Bisa ambil 20 persen saja dari peluang itu, kita bisa dapat sekitar 1,5 sampai 2 miliar dollar. Ini peluang karena lapangan golf akan sibuk kembali," tambahnya.
 
Tak hanya Menpora Zainudin Amali dan Menparekraf Sandiaga Uno, kegiatan itu juga dihadiri dan mendapat dukungan penuh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi, dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.