Menpora Amali Dorong Sport Tourism di Minahasa Utara Sebagai Solusi Pemulihan Ekonomi

Hermansyah
Menpora Amali Dorong Sport Tourism di Minahasa Utara Sebagai Solusi Pemulihan Ekonomi
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat menerima kunjungan Bupati Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Joune J. E. Ganda, Selasa (6/4/2021).

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendorong Minahasa Utara untuk mengembangkan sport tourism. Pasalnya di wilayah Likupang, masuk dalam destinasi pariwisata super prioritas.

Hal tersebut didengungkan Menpora Amali saat menerima eudiensi Bupati Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Joune J. E. Ganda beserta jajaran di ruang kerjanya lantai 10, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021).

"Kita mendorong tentang sport tourism yang menjadi arah dari kebijakan olahraga wisata kita yang tekah menjadi arahan bapak Presiden Joko Widodo, di mana kami juga sudah melakukan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekoknomi kreatif," ucapnya.

"Maka saya pesan ke Pak Bupati dan Pak Wakil dan jajaran pemerintah di sana konsentrasi dan fokus untuk mengembangkan itu. Kami dari Kemenpora tentu akan mensupport  sepanjang sesuia dengan apa yang ada pada kami," jelasnya.

Menpora Amali meyakini sport tourism bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi setelah terdampak pandemi Covid-19. "Kita sangat berharap terhadap aktivitas kegiatan olahraga wisata atau sport tourism ini karena setelah pendemi setahun lebih mendera negeri ini ekonomi juga ikut terpukul dan bahkan terpuruk kalau boleh saya sampaikan. Nah dengan adanya kebangkitan yang kita dorong salah satunya dari pariwisata tentu kami dari Kemenpora mengaitkannya dengan sport tourism," pinta Menpora Amali. 
 
Menteri asal partai Golkar itu juga mengatakan kedatangan bupati menyampaikan kegiatan-kegiatan yang ada di Minahasa Utara. Terutama terkait kepemudaan dan olahraga. "Disamping itu, tentu ya aspirasi biasa pembangunan sarana olahraga yang diinginkan oleh Pak Bupati dan Pak Wakil yang memang ini beliau masih kurang ditempat itu. Ini saya menyambut baik keinginan dari pemerintah kabupaten Minahasa Utara," kata Menpora Amali. 

Sementara itu terkait usulan pembangunan stadion dan fasilitas olaharga, Menpora Amali menjelaskan bahwa di Kementerian yang dipimpinnya hanya memiliki kewenangan untuk merekomendasikan dan tidak memiliki kewenangan dalam hal pembangunan, karena sudah jelas seluruh pembangunan infrastruktur menjadi tugas Kementerian PUPR. "Kalau ada pengajuan seperti itu kami rekomendasikan ke Kementerian PUPR," ucapnya.

Pada bagiannya, Bupati Minahasa Utara, Joune J. E. Ganda menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas sambutan hangat Menpora Amali kepada dirinya dan jajaran dalam kunjungan ini. "Kami menyampaikan banyak terimakasih atas penyambutan yang membahagiakan bagi kami, dimana kami juga bisa menyampaikan beberapa pokok-pokok pikiran kami untuk membangun kabupaten Minahasa Utara  terutama di sektor pemuda dan olahraga," katanya. 

Dia berharap pemerintah pusat mendukung pengembangan sport tourism yang ada di destinasi super prioritas di Likupang, Minahasa Utara. "Kami berharap mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal sport tourism. Dengan harapan agar Likupang sebagai DSP (daerah super prioritas) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah bisa makin dikenal lagi oleh dunia internasional dan masyarakat yang ada di Indonesia," harapnya.