IBL Pertamax 2021

Sembilan Kali Menang Beruntun, Pelita Jaya Bakrie Tatap Semifinal

Hermansyah
Sembilan Kali Menang Beruntun, Pelita Jaya Bakrie Tatap Semifinal
Menorehkan 19 angka, Andakara Prastawa Dhyaksa bungkam Prawira Bandung sekaligus membawa Pelita Jaya Bakrie meraih kemenangan kesembilan secara beruntun

Bogor, HanTer - Pelita Jaya Bakrie Jakarta sukses menundukkan Prawira Bandung dalam lanjutan Seri IV IBL Pertamax 2021 yang berlangsung di Robinson Resort, Bogor, Selasa (6/4/2021) dengan skor akhir 81-79.

Ini menjadi kemenangan kesembilan Pelita Jaya Bakrie secara beruntun, pasca menuai kekalahan pertamanya pada musim ini dari Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 54-76 pada seri kedua yang berlangsung pada 23 Maret lalu.

Prawira Bandung memberikan perlawanan yang sengit di laganya yang ke-13 sepanjang musim 2021 ini. Terlihat, Diftha Pratama cs sukses membungkus keunggulan di kuarter pertama dengan skor 28-25. Namun dengan konsistensi bermain para anak asuh Ocky Tamtelahitu, mereka mampu membalikkan keadaan di pengujung babak pertama dengan membungkus keunggulan 50-39, setelah kembali sukses mencetak 25 poin.

Kuarter tiga Prawira Bandung coba memegang kendali setelah mampu mendulang 20 angka, sedangkan Pelita Jaya hanya mampu mengoleksi 15 poin. Raihan anak asuh Andre Yuwadi itu mampu memangkas margin ketertinggalan hanya tiga bola, meski di akhir kuarter tiga keunggulan masih miliki Pelita Jaya dengan skor 65-59.

Pertandingan kian sengit memasuki kuarter empat. Sempat tertinggal 69-78, Prawira bandung menggebrak dengan mencetak sembilan poin secara beruntun tanpa balas untuk memotong jarak menjadi 77-78. Namun Vincent Kosasih membalas lewat lemparan bebas sebelum layup Abraham Damar menyamakan kedudukan menjadi 79-79 pada sisa waktu dua menit tujuh detik.

Selepas itu, tidak ada poin yang tercipta bagi Prawira. Beberapa lemparan tiga angkanya pun selalu gagal. Sementara Vincent Kosasih sukses mencetak dua poin kemenangan bagi Pelita Jaya pada sisa waktu 55 detik guna membungkus kemenangan kesembilan beruntun timnya dengan skor 81-79.

“Bersyukur bisa menang. Para pemain sudah berjuang, memang ada up and down di setiap pertandingan, tetapi kemudian mereka kembali disiplin,” tutur pelatih Pelita Jaya, Ocky Tamtelahitu pada sesi wawancara secara virtual usai laga.

Kemenangan Pelita Jaya Bakrie ini sekaligus menjadi pimpinan klasemen Divisi Merah IBL Pertamax 2021 dan tak akan bisa tergeser sehingga dipastikan melangkah ke babak semifinal dan menunggu pemenang pertandingan play off antara peringkat kedua melawan peringkat ketiga Divisi Merah. “Kami akan memiliki persiapan lebih lama memperbaiki diri menghadapi babak semifinal. Selama ini persiapan kami memang masih kurang,” kata Ocky.

Andakara Prastawa Dhyaksa tampil sebagai topskorer bagi Pelita Jaya Bakrie saat menundukkan Prawira Bandung dengan menorehkan 19 poin. Disusul rekannya Agassi Yeshe Goantara yang mencetak 16 angka. Sementara di kubu Prawira Bandung, meski mencetak 26 angka dan delapan rebound, Abraham Damar Grahita gagal membawa timnya meraih kemenangan kesembilannya selama musim 2021 ini.

“Kami sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini. Di fase pertama pun, kami hadir terakhir sementara tim-tim lain sudah bermain. Ada bagusnya langsung ke semifinal, kami bisa melihat dan mengamati permainan calon lawan,” kata Andakara Prastawa.

Pelita Jaya Bakrie masih memainkan dua laga lagi pada fase pertama ini, yakni menghadapi Indonesia Patriots pada Kamis 8 April dan Amartha Hangtuah yang diagendakan pada Jumat 9 April mendatang.