IBL Pertamax 2021

Tim Play Off IBL Pertamax 2021 Siapkan Diri Raih Tiket Empat Besar

Hermansyah
Tim Play Off IBL Pertamax 2021 Siapkan Diri Raih Tiket Empat Besar
Kontestan play off IBL Pertamax 2021

Jakarta, HanTer - Sebanyak empat tim sudah memastikan diri untuk melakoni fase kedua IBL Pertamax 2021 setelah mereka mengamankan posisi kedua dan ketiga di tiap divisinya. Laga play off itu akan berlangsung pada 23 hingga 25 Mei mendatang di Mahaka Square Arena Kelapa Gading.

Pada Divisi Merah terdapat Bima Perkasa Jogja yang akan kembali menghadapi Louvre Dewa United Surabaya. Pada dua pertemuannya di fase pertama, Bima Perkasa kerap meraih kemenangan, yakni 66-59 pada 13 Maret lalu dan 57-52 ketika laga dihelat pada 29 Maret.

Meski demikian, juru taktik Bima Perkasa Jogja David Singleton mengatakan bahwa dua kemenangan yang diraihnya pada penyisihan grup tidak menjadi jaminan timnya bisa melakoni babak empat besar melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang secara otomatis akan berlaga diempat besar karena berstatus juara grup.

"Dua kemenangan bukan jaminan. Louvre tak pernah mudah dikalahkan. Mereka adalah tim bagus dan memiliki pemain-pemain bagus. Kami harus berlatih dan bekerja keras serta harus lebih siap lagi menghadapi mereka pada babak play off," kata Singleton.

Sementara itu kepastian Louvre Dewa United Surabaya berlaga di play off usai menundukkan Indonesia Patriots. Kemenangan ini pun memberikan suntikan semangat bagi para punggawa Andika Supriadi Saputra. “Kemenangan ini sangat berarti, kami lolos ke play off setelah sebelumnya mengalami dua kekalahan beruntun,” kata pelatih Andika Supriadi Saputra.

Sedangkan di Divisi Putih, Prawira Bandung akan menantang West Bandits Solo. Prawira pun sebelumnya sudah dua kali memenangkan pertandingan melawan West Bandits, keduanya dengan selisih angka tipis, hanya berbeda tiga poin. Pertemuan pertama pada 19 Maret, Prawira menang 65-62. Pertemuan terakhir terjadi pada hari terakhir fase pertama IBL Pertamax 2021, 10 April, Diftha Pratama dkk menang 69-66.

Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi, mengatakan jika timnya bertipikal slow starter. Meski menang di dua laga awalnya, Andre menyebut akan terus memoles timnya agar dapat menghadapi Satria Muda Pertamina di fase empat besar nantinya.

"Itu salah satu pekerjaan rumah kami, tetapi walau lambat panas tapi bisa bangkit dan menang. Jika chemistry kami sudah membaik dan percaya diri, saya kira tak ada masalah buat Prawira. Kami sudah lewati ujian mental melawan West Bandits. Kedua tim telah saling kenal. Saya juga sudah melakukan profiling kekuatan mereka," katanya.

West Bandits pun juga akan memperbaiki diri di waktu rehat jelang fase dua ini. “Konsistensi jadi kunci. Kita akan lakukan evaluasi dan perbaikan dalam sebulan ini. Harus cepat melakukan koreksi dan adaptasi. Semoga nanti kita bisa menampilkan komposisi terbaik pada babak play off,” kata Raoul Miguel Hadinoto, pelatih West Bandits Solo.

Jadwal Fase II IBL Pertamax 2021
Lokasi:
Mahaka Square Arena Kelapa Gading
Babak Play Off : 23-25 Mei
Semifinal : 27-29 Mei
Final : 3, 4, dan 6 Juni 

Format best of three