Hari Pertama Puasa Ramadhan PBSI Liburkan Pebulutangkis Muslim

Hermansyah
Hari Pertama Puasa Ramadhan PBSI Liburkan Pebulutangkis Muslim
Ilustrasi pelatnas bulutangkis Cipayung

Jakarta, HanTer - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memberikan libur selama satu hari bagi pebulutangkis yang beragama Islam yang bertepatan dengan hari pertama bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 H/2021 M, pada Selasa (13/4/2021). Sedangkan bagi pemeluk agama lain tetap menjalankan latihan.

Hal tersebut disampaikan PBSI melalui unggahan akun media sosial Instagram @badminton.ina. "Hari pertama puasa. Suasana pelatnas Cipayung di hari pertama bulan Ramadhan. Para atlet yang menjalankan puasa diperbolehkan libur latihan hari ini," demikian pernyataan PBSI.

Kepala bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, membenarkan pengumuman di akun media sosial tersebut. "Libur hari pertama untuk menghormati mereka yang muslim dan untuk beribadah puasa Ramadhan. Tapi cuma satu hari saja," kata Broto seperti dikutip detikSport.

Lebih lanjut, Broto mengatakan untuk hari-hari berikutnya, program latihan berjalan seperti biasa meskipun dalam suasana puasa Ramadhan, disamping para atlet tengah mempersiapkan diri untuk mengejar poin kualifikasi Olimpiade dalam waktu dekat ini.

Adapun turnamen yang akan diikutinya adalah India Open 2021 (11-16 Mei), Malaysia Open 2021 (25-30 Mei), dan Singapore Open 2021 (1-6 Juni). Sementara untuk Spain Masters 2021 yang berlangsung 18-23 Mei, tidak masuk hitungan kualifikasi. "Program latihan berjalan biasa untuk menghadapi tiga turnamen kualifikasi Olimpiade di India, Malaysia dan Singapura," ucap Broto.

Sejauh ini bulutangkis sudah mengamankan beberapa tiket olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021

Dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sementara dari sektor ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sudah memastikan diri tampil di ajang Olimpiade tersebut, namun masih ada peluang lain dari ganda campuran melalui pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja untuk menyusul rekan-rekannya ke Tokyo. Hermansyah