Stabil, Penilaian Menpora Amali dalam Pelaksanaan Prokes Jelang Semifinal Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo

Hermansyah
Stabil, Penilaian Menpora Amali dalam Pelaksanaan Prokes Jelang Semifinal Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo
Ilustrasi Menpora Zainudin Amali saat melakukan penyidakan terkait penerapan prokes di turnamen Piala Menpora 2021

Jakarta, HanTer - Menpora Zainudin Amali kembali menyidak penerapan protokol kesehatan jelang laga semifinal leg I Piala Menpora antara Persib Bandung melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (16/4/2021).

Penilaian dalam sidaknya kali ini, Menpora Amali menyebutkan jika penerapannya masih sama dengan sebelum-sebelumnya, baik di stadon lainnya. "Seperti apa yang saya perhatikan langsung di Stadion Maguwoharjo jelang laga semifinal leg I antara Persib Bandung melawan PSS Sleman, masih sama ketka awal turnamen Piala Menpora digulirkan," ucapnya.

"Menurut saya, apa yang dilakukan oleh PSSI, LIB dan penyelengara, stabil, tidak ada penurunan pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan, sama seperti yang mereka paparkan kepada kami sebelum mendapatkan izin," tambahnya.

Politisi asal partai Golkar itu lebih lanjut mengatakan bahwa pemerintah mengapresiasi penyelenggaraan pra musim Piala Menpora ini yang kerap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, dirinya pun berharap di sisa laga pada turnamen ini, pelaksanaan protokol kesehatan tetap sama dan dijaga betul, tidak kendor.

Seperti diketahui, turnamen pra musim Piala Menpora sejatinya menjadi ujian bagi penyelenggara olahraga dengan menggelar sebuah event namun tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19, lantaran ketat penerapkan protokol kesehatan, sehingga harapannya, izin untuk menggelar kegiatan olahraga lainnya, khususnya kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021/2022 akan didapatkan. 

"Sekali lagi kita membuktikan, ternyata kita bisa, karena adanya komitmen dari semua pihak. Terimakasih dari kami selaku pemerintah dan kami mengapresiasi PSSI dan penyelenggara," ucapnya.

Terkait timbulnya keinginan menghadirkan penonton dalam sebah ajang olahraga namun dengan jumlah yang terbatas, Menpora Amali mengatakan, seperti arahan Presiden Joko Widodo kepadanya beberapa hari lalu, dirinya diminta untuk mengkaji wacana trsebut dengan melakukan koordinasi lebih dengan PSSI, LIB dan pihak kepolisian serta satgas Covid-19.

Meski demikian, teruntuk penyelenggaraan turnamen pra musim Piala Menpora, sesuai izinnya kepada pihak kepolisian tidak menyertakan penonton ke stadion meski dalam jumlah terbatas.

"Untuk pra musim Piala Menpora tetap kita laksanakan masih tanpa penonton, sesuai izin yang keluar dari kepolisian yang tanpa penonton. Kedepannya seperti apa? tentu tugas saya bersama PSSI dan LIB untuk mempersiapkan kajiannya, karena tanpa kajian yang matang kita tak mau asal-asalan," pungkasnya.