Exco PSSI Apresiasi Menpora Amali dari Mengawal Penegakan Prokes Hingga Suksesnya Perhelatan Piala Menpora 2021

Hermansyah
Exco PSSI Apresiasi Menpora Amali dari Mengawal Penegakan Prokes Hingga Suksesnya Perhelatan Piala Menpora 2021
Direktur Olahraga Persija Jakarta Ferry Paulus

Solo, HanTer - Setelah hampir satu tahun sepakbola Indonesia harus vakum lantaran pandemi Covid-19 yang melanda, namun sejak 21 Maret lalu dahaga untuk melihat putra terbaik bangsa berlaga di atas lapangan hijau itu pun tertuntaskan, lantaran digelarnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Turnamen yang digelar ini pun tidaklah mudah. Pasalnya, untuk mendapatkan izin pelaksanaan turnamen di tengah pandemi virus Corona ini harus terlebih dulu meyakinkan pemerintah dan pihak berwajib terkait tata laksana penerapan protokol kesehatan.

Bahkan saat izin tersebut di dapat, pemerintah dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid-19 hingga Kepolisian RI, menuntut apa yang dipresentasikan diawal (tata laksana penerapan protokol kesehatan-Red), betul- betul dilakukan dengan disiplin serta ketat oleh penyelenggara dalam hal ini PSSI dan LIB.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang sebelumnya memberikan rekomendasi kepada Kepolisian RI untuk memberikan izin digelarnya ajang tersebut, dari awal hingga akhir perhelatan, betul-betul memantau pelaksanaan protokol kesehatan, guna menghindari turnamen tersebut dari cluster baru penyebaran Covid-19.

Direktur Olahraga Persija Jakarta Ferry Paulus, mengatakan bahwa gelaran Piala Menpora 2021 ini merupakan angin segar untuk digelarnya kembali Liga 1 maupun 2 di tangah pandemi Covid-19. "Memang hampir satu tahun tidak ada pertandingan yang sifatnya resmi, melalui turnamen pramusim Piala Menpora 2021 ini merupakan angin segar, terlebih lagi kita sama-sama tau bahwa setahun kebelakang di mana pandemi yang melanda seluruh dunia, penekanan bergulirnya turnamen ini memang menitikberatkan kepada protokol kesehatan," ucapnya kemarin.

"Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan protokol kesehatan yang sangat luar biasa, ketat, tidak pandang bulu siapapun itu orangnya dan ini merupakan satu ujian, jadi bagus sekali tinggal kita menanti kompetisi liga," tambahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Exco PSSI itu juga memiliki keyakinan gelaran Piala Menpora 2021 ini bahwa semua berjalan dengan baik dan lancar, terutama dukungan yang sangat luarbiasa dari Menpora Zainudin Amali yang terus mengawal dilakukannya protokol kesehatan yang disiplin oleh penyelenggara, dalam hal ini PSSI dan LIB.

"Menpora Amali sangat-sangat concern dalam mengawal penegakan protokol kesehatan. Artinya, sebagai kementerian yang membidangi olahraga, khususnya sepakbola ini, beliau concern sekali. Dia sangat detil, sistematisnya terstruktur, bahkan saya lihat dia tau persis mulai dari Km 0, hingga dipengujung dari pertandingan ke pertandingan," ucapnya.

"Saya pikir, pejabat itu harus bisa juga melihat bahwa seperti inilah gelaran yang bisa menjadi satu barometer, sehingga olahraga yang lain juga bisa melihat bahwa yang benar itu harus diikuti dan yang tidak betul tentunya harus dikesampingkan," tambahnya.

Dirinya pun mearoh hormat dan mengapresiasi Menpora Amali atas kegigihannya mengawal penegakan protokol kesehatan pada turnamen ini. "Sebenarnya tidak berlebih-lebihan jika apresiasi kepada Menpora Amali yang gigih mengawal penegakan protokol kesehatan, sehingga turnamen ini mampu berjalan sukses baik dari penyelengaraan maupun hingga tidak terjadinya cluster baru Covid-19, tidak hanya datang dari saya selaku pelaku sepakbola, namun juga datang dari para pemain, bahkan dari semua sendi-sendi lain, mereka semua mengapresiasi," akunya.

Jadi saya titip melalui komunikasi yang bisa saya sampaikan, bahwa teman-teman sangat berterimakasih kepada Menpora Amali, terlebih lagi mereka sangat merindukan, sehingga mereka juga lebih concern, taat, setia untuk menjalankan prokes dan tidak ada satupun yang meleset sampai hari ini, khususnya Persija, tidak ada yang tertular, semua berjalan dengan lancar," tambahnya.

Disisi lain, semua venue yang dilpergunakan untuk perhelatan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, menurut Ferry Paulus standarisasi penerapan protokol kesehatannya sama. "Kondisi itu menjadi pelajaran yang penting bagi para venue-venue dikemudian hari untuk menggelar Liga 1 ataupun 2," pungkasnya.