Piala Menpora 2021 Berjalan Lancar, dari Presiden Hingga Keluarga Besar Sepakbola Indonesia Apresiasi Menpora Amali

Hermansyah
Piala Menpora 2021 Berjalan Lancar, dari Presiden Hingga Keluarga Besar Sepakbola Indonesia Apresiasi Menpora Amali
Menpora Zainudin Amali dibanjiri apresiasi

Jakarta, HanTer - Sikap Menpora sebagai seorang pemimpin di bidang olahraga dengan menunjukkan keseriusannya dalam membangkitkan sepakbola nasional di masa pandemi Covid-19 menuai banjir apresiasi. Sebab Piala Menpora 2021 digadang sebagai barometer terhadap pelaksanaan kegiatan olahraga lainnya kedepan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali banjir apresiasi. Itu tak lepas setelah penyelenggaraan turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 berjalan lancar, terutama dalam memproteksi terjadinya klaster baru penyebaran virus corona alias Covid-19, yang sebelumnya banyak diragukan.

Tentu saja, apresiasi pertama datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pria asal Solo itu mengaku puas dengan gelaran Piala Menpora 2021. Dirinya mengapresiasi penerapan regulasi dan protokol kesehatan secara ketat. Demikian dikatakan Jokowi, sapaan karib Presiden, pada pekan lalu.

Bukan hanya Presiden Jokowi. Insan sepakbola juga turut memberikan apresiasi yang cukup tinggi terhadap Menpora Amali. Mewakili pelatih dan seluruh lapisan yang 'berduel' di lapangan hijau, Rahmad Darmawan selaku juru taktik Madura United, turut mempunyai pandangan yang sama.

Terlebih, jelas RD, sapaan karibnya, dalam situasi pandemi seperti ini, ada sebuah dilema bagi Menpora. Namun keoptimisan serta tanggung jawab yang besar untuk menjalankan Inpres No.3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional, kesuksesan gelaran Piala Menpora 2021 menjadi indikator yang bagus kedepannya.

Menurut dia, bukan hanya sepakbola, kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 juga menjadi barometer atau 'kiblat' cabang olahraga lain untuk menggelar kembali kegiatan di masa pandemi.

"Sepakbola kan mempunyai faktor kesulitan yang lebih besar dibandingkan cabang olahraga lain pada saat penyelenggaraan pertandingan. Jadi, saya sangat berterima kasih dan apresiatif dari kami terhadap kinerja Menpora sejauh ini," kata RD.

"Saya rasa sudah dipikirkan ya, bukan hanya terhadap sepakbola saja. Tapi kenapa di awal lebih ke sepakbola, karena memang sepakbola punya kekhususan yang sudah dibuat Inpresnya dan yang kedua, sepakbola menjadi barometer dari semua kegiatan olahraga yang mungkin nantinya akan dengan mudah digelar apabila sukses," jelasnya menambahkan.

Senada dikatakan Indra Kahfi. Pemain Bhayangkara Solo Fc itu mengucapkan terima kasih terutama kepada Menpora Amali yang memberikan perhatian khusus sehingga turnamen ini bisa terlaksana. Kemudian pak Kapolri Listyo Sigit yang memberikan izin serta PSSI dan LIB sebagai penyelenggara. Semoga setelah piala menpora ini, Liga 1 segera diadakan.

"Soal prokes, benar-benar apresiasi buat Menpora, penyelenggara hingga suporter. Saya acungkan jempol. Semua demi sepakbola kita biar terus berjalan, meskipun kami di swab berpuluh-puluh, kami rela lah asalkan jangan liganya disetop lagi atau tidak ada sepakbola lagi, karena kami merasakan tidak enak lah di rumah tidak ada pertandingan yang penting kami tetap disiplin jalani prokes insya Allah semua baik-baik saja," ucap Indra Kahfi.

Di tempat terpisah, apresiasi juga tak luput diutarakan pengamat sekaligus komentator sepakbola, Mohamad Kusnaeni. Pria yang karib disapa Bung Kus itu menuturkan, dari segi penyelenggaraan, Piala Menpora 2021 berjalan cukup baik, terutama dalam mencegah timbulnya klaster baru Covid-19.

"Artinya, protokol kesehatan yang diterapkan berjalan baik dan tidak menciptakan klaster baru seperti yang sempat dikhawatirkan sebagian pihak sebelum event ini digelar. Penonton juga tertib, tidak datang ke stadion, tidak berkerumun dan menikmati pertandingan timnya masing-masing dari rumah," kata Kusnaeni.

"Saya rasa Pak Menteri menjadi figur terhadap suksesnya penyelenggaraan ini. Dia maju terdepan, menunjukkan perhatian yang serius. Karena kalau tidak didorong menteri, maka akan ragu terus. Tetapi pak menteri menunjukkan leadershipnya sebagai seorang pemimpin di bidang olahraga untuk mendorong kegiatan bergulir," pungkasnya.