Soal Konvoi Jakmania, PSSI Sebut Sudah Ingatkan Pengurus The Jak

eka/yp
Soal Konvoi Jakmania, PSSI Sebut Sudah Ingatkan Pengurus The Jak
Jakmania konvoi merayakan Persija juara Piala Menpora. (instagram wargajakarta.id)

JAKARTA - Persija meraih Piala Menpora dengan mengalahkan Persib Bandung. Usai laga, The Jakmania pesta kemenangan tanpa peduli protokol kesehatan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) sedang Viking merusak kantor PT Persib.

Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, mengatakan sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Ketua The Jakmania  dan Ketua Viking Persib Club agar tidak ada suporter yang datang ke stadion, nonton bareng dan melakukan konvoi kemenangan.

"Pengurus Jakmania sudah memberikan arahan kepada anggotanya untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan tersebut," ujarnya di laman resmi PSSI, Senin (26/4/2021). "Bahkan di Solo, pendukung Persija mampu menahan diri untuk tidak merayakan euforia di jalan."

Mengenai perusakan kantor Persib, juga sweeping kendaraan bernomor polisi B, ia juga mengaku telah berkoordinasi dengan bobotoh.

"Sebelumnya sudah kami edukasi dan beri arahan kepada mereka agar tidak datang stadion, nonton bareng, konvoi atau membikin kerumunan. Namun mereka secara spontan malah melakukan tindakan-tindakan yang membuat kerugian. Tentu hal ini sangat kami sayangkan dan semoga ke depan tidak terjadi lagi," kata Budiman.

Ia kemudian meminta maaf terkait euforia spontan di Jakarta dan aksi di Bandung tersebut. 

"Kami mohon maaf. Insyaa Allah kami akan lebih intens berkomunikasi dengan teman-teman suporter semua klub agar tidak hanya mengawal dan menjaga kondusifitas di kota-kota penyelenggara tetapi juga intens mencegah euforia dan aksi kecewa di kota asal (domisili) tim yang sedang bertanding," katanya. 

Persija menang 2-1 atas Persib dalam leg kedua yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021) malam. Tim ibukota ini meraih Piala Menpora dengan agregat 4-1 karena pada leg pertama menang 2-0. (eka/yp)