Suporter Persija di HI, Polisi Temukan Ajakan Turun ke Jalan di Medsos

yp
Suporter Persija di HI, Polisi Temukan Ajakan Turun ke Jalan di Medsos
Konvoi di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, usai Persija raih Piala Menpora. (instagram wargajakarta.id)

JAKARTA – Jakmania pesta kemenangan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) usai Persija meraih Piala Menpora pada Minggu (25/4/2021). Polisi menemukan dugaan undangan di media sosial ajakan terkait konvoi turun ke jalan melepas kegembiraan itu.   

Mereka berkerumun tanpa mempedulikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Padahal juga, DKI Jakarta masih memberlakukan PPKM skala mikro.  

Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal Imam Sugianto,menyebut pada prinsipnya penyelenggaraan Piala Menpora berjalan sukses. 

“Evaluasinya, ada yang mencederai Piala Menpora. Beberapa oknum memprovokasi,” ujarnya usai Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Piala Menpora di Kemenpora, Selasa (27/4/2021). 

Menurutnya, ditemukan sejumlah akun di media sosial memprovokasi untuk turun ke jalan usai laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, itu. 

"Di HI ada 2000 orang dan menurut Polda Metro Jaya hadir melalui undangan di Facebook dan Instagram. Ini sedang didalami. Apabila ini melanggar aturan prokes, kami akan melakukan tindakan tegas," katanya.

Polisi menangkap 65 oknum Jakmania di Bundaran HI, yang terdiri dari 52 orang dewasa, 12 anak-anak dan seorang perempuan dewasa. Mereka telah menjalani pemeriksaan. “Sebanyak 26 di antaranya dipulangkan dengan membuat surat pernyataan,” katanya. (*/yp)