Wacana Pemain Asing Rambah Liga 2 Mulai Mencuat

us
Wacana Pemain Asing Rambah Liga 2 Mulai Mencuat

Wacana penggunaan pemain asing di klub sepak bola Liga 2 mulai ramai. Bila ini teralisir berarti PSSI harus mengubah peraturan pelarangan kompetisi di kasta kedua liga tanah air itu menggunakan pemain asing.

Ada yang berpendapat aturan PSSI saat ini sudah bagus dimana klub yang bermain di Liga dua tidak boleh menggunakan pemain asing. Peraturan hanya membolehkan pemain asing bisa direkrut hanya yang telah dinaturalisasi (jadi WNI). 

"Kalau secara pribadi saya lebih baik PSSI mempertahankan aturan yang sekarang sudah bagus," kata bos Dewa United Rendra Sudjono.

Sudjono juga berpendapat, main di Liga 2 pada dasarnya seperti berada di kawah candradimuka, terutama para permain lokal. Kalau sampai membolehkan pemain asing masuk, kesempatan pemain lokal menjadi sempit bahkan hilang. Padahal sebenarnya banyak pemain lokal yang berpotensi.

Dia khawatir, jika dibolehkan menggunakan pemain asing, tidak banyak klub-klub yang secara keuangan leluasa dalam pembiayaan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang dimana pendapatan klub sudah pasti menurun.(us)