Naomi Osaka Ingin Olimpiade Tokyo Berlangsung

Hermansyah
Naomi Osaka Ingin Olimpiade Tokyo Berlangsung
Naomi Osaka

Jakarta, HanTer - Naomi Osaka berbicara tentang apakah Olimpiade Tokyo harus diadakan di tengah pandemi virus Corona. Petenis peringkat dua, yang mewakili Jepang itu ditanya mengenai Olimpiade di Roma, setelah ia akan berpartisipasi di Italian Open musim ini.

“Tentu saja saya akan mengatakan saya ingin Olimpiade terjadi, karena saya seorang atlet dan itulah yang saya tunggu-tunggu sepanjang hidup saya. Tapi saya pikir ada begitu banyak hal penting yang terjadi, dan terutama tahun lalu,” katanya, Minggu (9/5/2021).

“Saya pikir banyak hal tak terduga telah terjadi dan jika itu membuat orang berisiko, dan jika itu membuat orang sangat tidak nyaman, maka itu pasti harus menjadi diskusi, yang menurut saya sudah seperti sekarang,” tambah Osaka.

Pesta olahraga terbesar yang akan digelar di Tokyo telah ditunda dari musim 2020 dan penentangan tampak semakin meningkat di Jepang, terkait menggelar ajang olahraga bergengsi tersebut pada tahun ini. Virus dan penyebaran variannya mengancam sistem kesehatan Jepang setelah hanya 2 persen dari populasi di Jepang yang telah divaksin.

Namun penyelenggara lokal dan Komite Olimpiade Internasional bersikeras bahwa pertandingan tersebut akan dibuka sesuai rencana pada 23 Juli. “Pada akhirnya saya hanya seorang atlet dan ada pandemi yang sedang terjadi,” kata Osaka.

IOC baru-baru ini mengumumkan bahwa pengembang vaksin Pfizer dan BioNTech akan menyumbangkan dosis untuk menyuntik atlet dan ofisial yang bersiap untuk Tokyo. IOC telah berulang kali mengatakan bahwa Olimpiade diselenggarakan seolah-olah vaksin tidak tersedia, tetapi telah berusaha keras agar para atlet divaksinasi.

“Saya merasa apapun yang membuat semua orang lebih nyaman dan lebih aman. Akan ada banyak orang yang memasuki negara ini, jadi mereka pasti harus membuat keputusan yang tepat tentang itu. Saya sudah divaksinasi. Pada akhirnya Anda tidak bisa memaksa siapapun untuk divaksinasi," tutur Osaka.

"Jika Anda pergi ke Olimpiade dan apapun, buat negara tuan rumah senang," pungkas Osaka.