Tolak Barter dengan Man City, Bos Spurs Ingin Jual Kane Secara Tunai

Eka
Tolak Barter dengan Man City, Bos Spurs Ingin Jual Kane Secara Tunai
Harry Kane (ist)

London, HanTer - Gerah dengan beragam spekulasi terhadap masa depan Harry Kane, bos Tottenham Hotspur Daniel Levy akhirnya angkat bicara. Pria berkepala plontos bersedia melepas mesin golnya itu pada jendela transfer musim panas ini. Namun ia memberikan satu syarat utama.

Syarat tersebut ialah, klub peminat berani menebus harga berdasarkan klausul pelepasan, yakni sebesar 150 juta poundsterling atau setara Rp3 triliun. Dan syarat tersebut berlanjut, bahwa Levy hanya menginginkan pembayaran dilakukan tunai alias tanpa berhutang bahkan barter pemain.

Tentu syarat tersebut diberikan Levy lantaran ia sejatinya enggan melepas Kane kemanapun pada jendela transfer musim panas ini. Dan setelah sangat kecewa dengan tawaran Kane untuk pergi, Levy akan berusaha keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

SunSport mengungkapkan pada Selasa (8/6/2021), Manchester City siap menawarkan Raheem Sterling dan Gabriel Jesus ditambah £60 juta untuk mendapatkan kesepakatan. Levy tahu skuadnya membutuhkan rekonstruksi besar setelah kemerosotan musim lalu membuat mereka terdampar dari turnamen Liga Eropa musim depan.

Uang tunai akan menjadi raja, terutama dengan klub-klub yang terpukul keras oleh kerugian finansial akibat virus corona. Sementara Sterling dan Jesus mungkin menjadi pemenang gelar, menerima kesepakatan City akan memberi Spurs lebih sedikit uang untuk mendatangkan pemain pilihan mereka sendiri.

Levy tahu Sterling mempunyai gaji di angka 300ribu poundsterling per-minggu di Etihad – dan itu dianggap terlalu besar bagi Tottenham. Dia juga merasa tidak ada pemain yang ingin tersingkir dari  Liga Champions dan masuk ke tingkat ketiga kompetisi Eropa.

Baik klub Manchester dan Chelsea telah berbicara dengan perwakilan Kane untuk mempertaruhkan klaim mereka untuk seorang pria yang telah mencetak 221 gol Spurs, bersama dengan 34 untuk Inggris. Negosiasi belum dimulai dengan Levy, yang pendiriannya konsisten bahwa dia ingin Kane menyelesaikan tiga tahun terakhir dari kontraknya.

Tetapi jika dia siap untuk melepaskan Kane, hanya uang yang akan berbicara. Dia akan ingat bagaimana semuanya menjadi salah ketika dia mendapatkan £86 juta untuk Gareth Bale dari Real Madrid tujuh tahun lalu. Saat itu biaya rekor dunia – dan kesepakatan yang terjadi sebelum Bale benar-benar pergi, Spurs keluar dan membeli tujuh pemain.

Erik Lamela seharga £30 juta, Roberto Soldado seharga £26 juta dan Christian Eriksen seharga £11,5 juta adalah tiga pemain yang totalnya mencapai £108 juta saat Levy mencoba membangun tim baru. Namun, rencana itu menjadi bumerang secara spektakuler.