Tim Dayung Siapkan Fisik maupun Mental Serta Kemampuan Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Hermansyah
Tim Dayung Siapkan Fisik maupun Mental Serta Kemampuan Jelang Olimpiade Tokyo 2020
Pelatnas dayung

Jakarta, HanTer - Dengan sisa waktu sekitar 44 hari lagi menjelang Olimpiade Tokyo 2020, tim dayung Indonesia terus mempersiapkan diri dan fokus untuk memantapkan kondisi baik fisik maupun mental.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Edy Suyono, saat menerima kunjungan Deputi Chef de Mission Tim Indonesia Zainal Asikin dan anggota Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia Indra Gamulya di pemusatan latihan nasional dayung di Pangalengan, Jawa Barat.

“Setelah pulang dari kualifikasi di Tokyo dan menjalani isolasi, kami langsung kembali fokus latihan, terutama untuk meningkatkan daya tahan. Kedua atlet dayung ini belum berpengalaman tampil di Olimpiade, jadi kami harus mempersiapkan mereka,” kata Edy.

Edy juga menyatakan rasa terima kasihnya atas kunjungan dari perwakilan Chef de Mission dan Komite Olimpiade Indonesia karena hal tersebut menunjukkan perhatian dan dia berharap hal ini dapat memberi motivasi tambahan bagi para atlet.

Anggota Komite Eksekutif Indra Gamulya berkesempatan memberi dorongan semangat kepada para atlet, yang tergabung dalam pelatnas Olimpiade dan SEA Games, agar terus berlatih dengan serius dan tidak mudah takabur.
“Bagi kalian yang sudah meraih sukses di usia yang masih muda, jangan cepat berpuas diri. Tetaplah rendah hati dan hormati orang tua serta pelatih kalian karena merekalah yang memberikan dukungan penuh bagi kalian,” ujarnya.

Indonesia lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 di nomor Lightweight double scull putri setelah duet Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri menempati peringkat empat dalam Asia & Oceania Olympic Continental Qualification Regatta di Tokyo awal bulan lalu. Kepastian lolosnya Indonesia dinyatakan secara resmi oleh federasi dayung dunia lewat surat resmi kepada PODSI.

Mutiara mengatakan dirinya tidak pernah membayangkan bakal lolos ke Olimpiade Tokyo dan akan berjuang semaksimal mungkin. “Kami tidak pernah terbayang akan lolos karena masih muda. Selain itu, kami juga tidak ditargetkan untuk lolos. Tapi alhamdulillah berhasil. Target kami akan berusaha sebaik mungkin di Tokyo,” kata Mutiara.