LIGA SUPER EROPA

Penggemar Protes, Denda FA Terhadap Enam Klub Inggris Terlalu Ringan

Eka
Penggemar Protes, Denda FA Terhadap Enam Klub Inggris Terlalu Ringan
Penggemar menolak digelarnya ESL (ist)

London, HanTer - Gelombang protes dilakukan penggemar klub sepakbola Inggris. Itu tak lepas lantaran FA selaku federasi tertinggi beserta Premier League sebagai operator kompetisi memberikan sanksi ringan terhadap enam klub pembelot.

Menurut sejumlah fans, denda kolektif yang dijatuhkan kepada enam klub Liga Inggris seperti Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur tidak akan menimbulkan efek jera. 

"Denda seharusnya lebih berat, orang-orang lupa bahwa mereka menandatangani perjanjian untuk bergabung dengan liga yang memisahkan diri ini yang bertentangan dengan hukum dan aturan," tulis seorang penggemar dikutip Daily Mail, Kamis (10/6/2021) dini hari WIB.

Protes juga dilakukan beberapa klub dari 14 klub Liga Inggris. Mereka meminta kepada FA dan operator, agar sejatinya tidak ada toleransi dalam menjatuhkan sanksi, termasuk melakukan pengurangan poin di tahap pertama.

Namun baik FA maupun operator baru akan menerapkan sanksi pengurangan poin apabila enam klub Inggris yang terkenal dengan sebutan Big Six, melakukan pembelotan kedua untuk berpartisipasi di Liga Super Eropa.