KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 ZONA ASIA

Timnas Indonesia Bidik Hasil Manis Sebelum Pulang ke Tanah Air

Eka
Timnas Indonesia Bidik Hasil Manis Sebelum Pulang ke Tanah Air
Para pemain Timnas Indonesia melakukan persiapan lawan UEA (Dok. PSSI)

Dubai, HanTer - Kekalahan telak 0-4 melawan Vietnam pada laga sebelumnya coba dilupakan para pemain timnas Indonesia. Mereka kini berkonsentrasi tinggi jelang mengarungi pekan terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yakni saat menghadapi tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) di Zabeel Stadium, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam WIB.

Secara kualitas, tak bisa dipungkiri Indonesia masih berada dibawah UEA. Terlebih calon lawan terakhirnya akan tampil di kandang sendiri. Tak ayal bila tim asuhan pelatih Bert van Marwijk difavoritkan memenangkan permainan sekaligus menjaga peluang mereka lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Kendati sadar kekuatan calon lawan yang akan dihadapi, hal tersebut pantang membuat Garuda, julukan timnas Indonesia, menyerah begitu saja. Sebaliknya tim asuhan pelatih Shin Tae-yong akan tampil semaksimal mungkin demi mengejar hasil positif pada pekan terakhir sebagai bekal sebelum pulang ke Tanah Air. 

“Kita sudah melupakan kekalahan itu, pemain juga sudah bisa melupakannya, tadi saat latihan pagi hari kami berikan hiburan disela-sela latihan. Hasrat dan kemauan para pemain masih tetap sama dan tinggi, suasana tim sudah kembali lagi, sehingga kami siap melawan UEA dan bisa memberikan hasil positif,” katanya dilansir laman PSSI.

“Kondisi tim baik. Sore hari latihan evaluasi tim, kami akan perbaiki semuanya. Saya harap pemain bisa tetap bekerja keras mengerahkan semuanya di atas lapangan demi negaranya, saya rasa, pemain juga tidak ingin kalah lagi,” jelas Shin menambahkan.

Indonesia saat ini masih tetap terpaku di urutan terbawah grup G dengan torehan satu poin. Seperti diketahui pada enam laga sebelumnya, Evan Dimas dan kawan-kawan mengalami lima kekalahan dan satu kali imbang. Sedangkan UEA yang bercokol di urutan kedua, bekerja keras menggusur Vietnam selaku pemuncak klasemen. 

UEA bercokol di peringkat dua dengan mengemas 12 angka dari enam laga yang telah dilalui. Sedangkan Vietnam mendulang 14 angka dari enam laga yang telah dilewati. Kepastian siapa yang layak menduduki puncak akan diputuskan pada pekan kedelapan ketika UEA bertemu Vietnam. Dengan catatan kedua kesebelasan mampu mengamankan tiga angka pada pekan ketujuh. 

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Jumat, 11 Juni 2021
WAKTU: 23.45 WIB
LIVE: SCTV
TEMPAT: Zabeel Stadium