Transvision Gelar Event Balap Sepeda di Tondano dan Manado

Eka
Transvision Gelar Event Balap Sepeda di Tondano dan Manado
Peluncuran jersey TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 (ist)

Jakarta, HanTer - Sejumlah kegiatan yang sempat 'mati suri' dihantam gelombang pandemi global Covid-19 dari berbagai sektor, perlahan mencoba bangkit. Salah satunya di sektor olahraga dan pariwisata.

Industri olahraga dan pariwisata (sport tourism) memang mempunyai andil besar, terutama sebagai salah satu penyumbang devisa negara terbesar Tanah Air, namun semenjak 2020 hingga sekarang, pendapatan negara tersebut, anjlok.

Untuk membangkitkan sektor tersebut, pemerintah melalui Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pun kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tak segan melakukan kunjungan wisata. Tentu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Menyikapi hal tersebut, Transvision sebagai salah satu perusahaan media penyedia layanan TV kabel berlangganan, turut tergerak untuk mendukung program pemerintah melalui Kemenparekraf.

Dalam mendukung upaya tersebut, Transvision berencana menggelar “The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021” pada 3-4 Juli 2021. Sebuah ajang balap sepeda di Tondano dan Kota Manado yang rencananya akan diikuti lebih dari 200 pesepeda dari seluruh Indonesia.

Event ini akan dihadiri juga oleh beberapa pegiat sepeda antara lain: Agustin Ramli, Xtin Milan dan Markoneng. Diadakannya acara ini bertujuan untuk mengembalikan gairah di sektor pariwisata sekaligus mengobati rasa rindu masyarakat untuk ikut serta dalam event olahraga sepeda.

“Transvision berharap kegiatan wisata olahraga melalui The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini dapat meramaikan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi. Ini adalah rangkaian pertama dari 5 kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021,” jelas Peter Gontha selaku Direktur Utama Transvision pada press conference The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Dia mengatakan, saat event berlangsung, peserta tidak diharuskan menggunakan sepeda balap, tapi juga diperbolehkan memakai semua jenis sepeda, baik sepeda lipat, BMX atau jenis lainnya. "Peserta juga tidak dibatasi, siapapun boleh ikut. Turis mancanegara juga silakan kalau mau ikut," kata Peter.

Lalu, kenapa lokasi yang dipilih Road Bike Challenge 2021 adalah Sulawesi Utara? Peter menjelaskan, Sulawesi Utara merupakan satu dari lima destinasi super prioritas yang ditetapkan pemerintah, tepatnya di Likupang. Selain Sulawesi Utara, empat lokasi wisata lain adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT).

"Selain Tondano dan Manado, kita nanti juga akan ke Likupang. Kita ingin promosikan daerah ini dan memberikan kontribusi kepada negara, apalagi kita dapat restu dari Kemenpar. Rencananya, Menparekraf (Sandiaga Uno) nanti akan ikut bergabung. Pada saat itu, Menparekraf ada pertandingan golf di sana, jadi setelah itu ikut bersepeda bersama kami," ungkap Peter.

Senada dikatakan Brando Tengdom, Marketing and Sales Director Transvision. Ia menuturkan kehadiran The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 merupakan upaya untuk menggelorakan wisata khususnya sport tourism dengan mengeksplorasi keindahan alam Danau Tondano dan Kota Manado.

Kegiatan ini, jelas dia, juga merupakan wujud eksistensi Transvision di kota Manado dalam memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses serta menikmati produk layanan tv berlangganan mereka.

"Sudara samua, mari bakumpul dan basapeda tanggal 3 & 4 Juli 2021 di Tondano dan Manado. Ini merupakan rangkaian event 2021, setelah ini dilanjutkan di Jakarta, Jogja, Medan dan ditutup di Bali,” katanya.

Adapun rute Road Bike Challenge 2021 nanti, pesepeda akan melewati tepian Danau Tondano yang diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Peserta akan disuguhkan panorama alam yang indah selama bersepeda sejauh 90 kilometer. 

"Peserta juga akan mendapatkan satu set Cycling Kit berupa jersey, string bag, stiker, e-Bib, medali serta e-certificate. Harga tiket dimulai dari Rp 450 ribu," ujar Lexi Rohi selaku Race Director Event.

Menurut Lexi, kegiatan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehari sebelum event digelar, para peserta akan dites antigen terlebih dahulu untuk memastikan bebas dari Covid-19.

Pada hari pertama, 3 Juli, start dimulai pukul 06.30 dan diharapkan pesepeda paling akhir bisa finis pukul 11.30. Pada hari itu, peserta akan melintasi jalan di tepian Danau Tondano dengan jarak sekitar 45 kilometer.

Sedangkan hari kedua, 4 Juli, peserta akan memulai jelajah pukul 06.00 sejauh sekitar 50 kilometer di Manado. Treknya disebut menantang karena banyak tanjakan dan turunan. Mereka akan dikawal Patwal dari start hingga finis.

Transvision juga akan mendonasikan sejumlah dari hasil penjualan tiket dalam program PIJAR yaitu pendampingan guru oleh relawan selama satu tahun mengabdi di pelosok yang dikelola sepenuhnya oleh CT Arsa Foundation.

Secara tidak langsung, dari setiap peserta yang ikut pada “The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021” ini telah mengambil bagian dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan anak bangsa dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Untuk menyemarakkan event ini, Transvision juga menggandeng 10 komunitas sepeda di 10 kota dan 250 pesepeda di seluruh Indonesia untuk bersepeda secara virtual dengan cara mendaftar di aplikasi Virtuathlon.