Mahkamah Agung Brasil Restui Gelaran Copa America 2020

Eka
Mahkamah Agung Brasil Restui Gelaran Copa America 2020
Trofi Copa America (ilustrasi/ist)

Sao Paulo, HanTer - Copa America, yang akan dimulai pada akhir pekan ini, dapat dilanjutkan di Brasil. Hal itu tak lepas setelah adanya keputusan yang dikeluarkan Mahkamah Agung setempat.

Sebelumnya banyak desakan yang meminta agar pelaksanaan Coppa Ameria 2020 yang tertunda pelaksanaannya tahun ini, jangan dilangsungkan di Brasil. Sebab negara itu tengah dipusingkan dengan melonjaknya kasus Covid-19.

Dikatakan bahwa menjadi tuan rumah turnamen akan membahayakan nyawa ribuan orang. Namun para hakim mengatakan bahwa konstitusi Brasil tidak memberikan pengadilan kekuatan untuk memblokirnya.

Tetapi mereka mengatakan bahwa gubernur negara bagian dan walikota harus berbuat lebih banyak untuk memastikan "protokol kesehatan yang tepat" dihormati. Mereka juga mengungkapkan kekecewaan mereka pada keputusan menit terakhir Presiden Jair Bolsonaro untuk menggelar turnamen, yang akan diadakan tanpa penonton di stadion.

Tim menghadapi pengujian wajib setiap 48 jam. Pergerakan mereka akan dibatasi dan mereka akan melakukan perjalanan ke kota-kota tuan rumah dengan penerbangan carteran. 

Turnamen yang ditunda dari 2020 karena pandemi virus corona, awalnya akan digelar di Kolombia dan Argentina sebagai tuan rumah bersama.

Tetapi Kolombia dihapus sebagai tuan rumah bersama pada 20 Mei karena kerusuhan sipil domestik, dan Argentina kemudian dicopot dari status tuan rumah pada 30 Mei, dengan kekhawatiran virus corona dan "keadaan saat ini".

Awal pekan ini, para pemain Brasil mengkritik keputusan menggelar turnamen di negara mereka. Brasil telah mencatat lebih dari 475.000 kematian yang disebabkan oleh virus corona, jumlah tertinggi kedua di dunia setelah AS. (BBC)