EURO 2020

Turki vs Italia; Perhelatan Akbar Dimulai!

Eka
Turki vs Italia; Perhelatan Akbar Dimulai!
Burak Yilmaz vs Lorenzo Insigne

Roma, HanTer - Setelah sempat tertunda satu tahun, perhelatan turnamen akbar sepakbola antar negara di benua biru, akhirnya dimulai. Laga Turki vs Italia berkesempatan menggelar ajang pembuka Piala Eropa 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Semangat, determinasi, kewaspadaan dan juga rasa tegang dipastikan campur aduk menyelimuti kedua kesebelasan saat melakoni partai pembuka. Sebab, kemenangan menjadi target utama Turki maupun Italia pada pekan guna memastikan diri tancap gas sekaligus menduduki tampuk pimpinan Grup A.

Jelang laga nanti, tentu saja Italia mempunyai beberapa keuntungan dalam meraih asa mengejar kemenangan pertamanya. Tak lain utamanya dengan status tuan rumah. Tampil dikandang sendiri menambah rasa percaya diri tim asuhan Roberto Mancini pada Sabtu dini hari.

Kekuatan terbaik akan diturunkan sang juru taktik. Namun begitu, Mancini juga menginstruksikan pasukannya agar tetap ekstra waspada dengan permainan lawan. Menurutnya, meski berstatus favorit meraih kemenangan, ia sadar ada kekuatan tersembunyi yang dimiliki Turki dan berpotensi menjadi bumerang Gli Azzurri.

Ia juga meminta skuadnya mengesampingkan sederet rekor apik yang dituai dengan tidak terkalahkan dalam 27 pertandingan terakhirnya, termasuk performa impresif di babak kualifikasi. Kejemawaan, jelas dia, akan menjadi batu sandungan pasukannya dalam membidik tiga angka pertama di pekan pembuka Grup A.

"Kita harus menghormati Turki, mereka adalah tim yang penuh dengan talenta. Pembuka selalu sulit, dan akan ada banyak emosi tetapi Anda tidak boleh terlalu terbawa suasana. kami tahu siapa yang kami hadapi. Keinginan untuk menjadi protagonis di EURO ini sangat besar tetapi ini adalah pertandingan yang harus dimainkan dengan ringan. Kami bisa melakukannya!," jelas dia dikutip UEFA.

Di kubu lawan, Turki yang berstatus sebagai penantang tidak akan tinggal diam begitu saja. Potensi merepotkan Italia, sekaligus mendapatkan tiga angka pertama, terbuka lebar. Apalagi tim asuhan pelatih Senol Gunes juga mempunyai kualitas pemain yang tak kalah mumpuni. Di lini belakang mereka punya Aglar Soyuncu yang tampil gemilang bersama Leicester City.

Dan yang paling penting, Turki mempunyai dua pemain berbahaya yang menjadi sorotan tajam Italia. Keduanya ialah Hakan Calhanoglu sebagai gelandang serta Burak Yilmaz selaku bomber haus gol. Senol Gunes selaku juru taktik dipastikan akan menginstruksikan seluruh pemain tampol maksimal.

Menurutnya, laga pembuka di pekan pertama begitu penting, apalagi mampu memetik kemenangan. Pasalnya hal tersebut akan berpengaruh terhadap mental dan kepercayaan diri sebuah kesebelasan untuk melakoni pertandingan berikutnya.

"Hasil yang kami dapatkan di pertandingan pertama itu penting. Imbang atau menang dapat menyebabkan kebingungan di grup. Saya harap begitu. Saya ingin melihat kekuatan kami di pertandingan pertama. Bahkan jika kami kalah, itu penting untuk bermain dengan baik. Berpartisipasi di EURO adalah sebuah kesuksesan, tapi itu tidak bisa berakhir di sana," tegasnya. 


JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Sabtu, 12 Juni 2021
WAKTU: 02.00 WIB
LIVE: RCTI
TEMPAT: Olimpico Stadium

PERKIRAAN FORMASI
TURKI (4-5-1): CAKIR; MERAS, SOYUNCU, DEMIRAL, CELIK; KARAMAN, CALHANOGLU, YOKUSLU, TUFAN, YAZICI; YILMAZ
Pelatih: Senol Gunes

ITALIA (4-3-3): DONNARUMMA; SPINAZZOLA, CHIELLINI, BONUCCI, FLORENZI; BARELLA, JORGINHO, LOCATELLI; INSIGNE, IMMOBILE, BERARDI
Pelatih: Roberto Mancini

3 PERTEMUAN TERAKHIR
11/06/2000*Turki*1 - 2*Italia
20/11/2002*Italia*1 - 1*Turki
16/11/2006*Italia*1 - 1*Turki