EURO 2020

Hasil EURO 2020 Turki vs Italia 0-3, Gol Bunuh Diri Merih Demiral Jadi Catatan Sejarah Laga Pembuka

Hermansyah
Hasil EURO 2020 Turki vs Italia 0-3, Gol Bunuh Diri Merih Demiral Jadi Catatan Sejarah Laga Pembuka
Kiper Turki, Ugurcan Cakır, gagal mengantisipasi bola setelah umpan deras Berardi di mulut gawang mengenai dada Merih Demiral yang mengarah ke gawang

Jakarta, HanTer - Menjadi pencetak gol pertama dalam sebuah turnamen menjadi sebuah kebanggaan bagi pesepakbola, terlebih berlaga di ajang internasional bergengsi seperti UEFA EURO 2020.

Akan tetapi tidak bagi Merih Demiral. Pemain bertahan itu tercatat sebagai pencetak gol pertama di perhelatan UEFA EURO 2020, namun itu jadi malapetaka bagi dirinya dan Turki.

Pasalnya, gol yang dicetaknya itu kegawangnya sendiri sehingga menguntungkan lawan, sekaligus menjadi kran pembuka kemenangan Italia dimana laga itu berakhir dengan skor 0-3, dalam laga pembuka UEFA EURO 2020 ketika berlangsung di Stadio Olimpic, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari tadi.

Meski demikian, gol bunuh diri Merih Demiral pada menit ke-53 itu bukan tanpa sebab, lantaran berkeinginan untuk menghalau bola crossing Berardi yang tengah meneror gawang Turki dari sisi kiri pertahanan. 

Umpan Berardi yang mengalir deras di kotak terlarang Turki itu mengenai dada kiri Merih Demiral dan memantul ke rumput, namun gagal diantisipasi kiper Ugurcan Cakır yang bertugas dibawah mistar gawang walau hanya berjarak beberapa centi saja dari si kulit bundar.

Walau merugikan bagi timnya, ternyata nama Merih Demiral tercatat dalam buku sejarah, lantaran ini menjadi kali pertama gol bunuh diri terjadi pada laga pembuka turnamen EURO.

Unggul satu gol menambah kepercayaan diri Italia. Ciro Immobile menggandakan keunggulan pada menit ke-66 dan kemenangan tim racikan Roberto Mancini itu disempurnakan oleh gol Lorenzo Insigne pada menit ke-79 yang dengan mudah melesakkan si kulit bundar tanpa adanya pengawalan berarti dari para pemain bertahan Turki.

Statistik Pertandingan Turki vs Italia

Skor 0-3
Pencetak Gol: 

Merih Demiral ('53) Bunuh diri
Ciro Immobile ('66) Italia
Lorenzo Insigne ('79) Italia

Penguasaan Bola:
- Turki: 39%
- Italia: 61%

Tembakan/Tepat Sasaran:
- Turki: 2/1
- Italia: 16/8

Sepak Pojok:
- Turki: 2
- Italia: 8

Offside:
- Turki: 3
- Italia: 4

Penyelamatan Kiper:
- Turki: 6
- Italia: 1

Pelanggaran:
- Turki: 10
- Italia: 8

Kartu Kuning/Merah:
- Turki: 2/0
- Italia: 0/0